Pengaruh Tingkat Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa di SMP Swasta Kota Tangerang
Meslise Rahnila
(1*), Sumaryoto Sumaryoto
(2)
(1) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(2) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Tingkat sosial ekonomi Orang Tua, Motivasi Siswa, Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini merupakan survei dan bertujuan untuk menemukan dan menganalisis secara empiris pengaruh tingkat sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, pengaruh tingkat sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah siswa kelas VII di 3 SMP Swasta di Kota Tangerang dengan sampel 86. Sampel penelitian diperoleh melalui metode simple random sampling yaitu peneliti mencampurkan subyek-subyek didalam populasi sehingga semua subyek dianggap sama. Pengumpulaan data menggunakan instrument : angket, dan pengumpulan nilai raport IPS siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2018 sampai bulan Mei 2018. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan tingkat sosial ekonomi orang tua (X1) dan motivasi siswa (X2) terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Y), hal ini dibuktikan dengan nilai sig.0,000 < 0,05 dan Fhitung = 14,576. Variabel tingkat sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama memberikan konstribusi sebesar 26,0% terhadap prestasi belajar IPS. Hal ini terlihat dari koefisien determinasi (R Square = 0,260). 2) Terdapat pengaruh yang signifikan tingkat sosial ekonomi orang tua (X1) terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Y), hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,004 < 0,05 dan thitung = 2,973. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Y), hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,001 < 0,05 dan thitung = 3,344 . Persamaan regresi yang dihasilkan yaitu Y ? = 18,186 + 0,329 X1 + 0,359 X2.
Keywords
Tingkat sosial ekonomi orang tua; motivasi siswa; prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.
References
Hamalik, O. (2009). Metode belajar dan kesulitan-kesulitan belajar. Bandung: Tarsito.
Hamalik, O. (2008). Guru dan aanak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hudoyo. (2008). Prestasi fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Muhibbinsyah. (2008). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung : PT.Remaja Rosda Karya.
Saifudin, A. (2008). Reabilitas dan validitas. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Sardiman, A.M. (2010). Interkasi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian administrasi. Bandung : Alfabeta.
Suharsimi, A. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suharsimi, A. (2010). Metode dan teknik penyusunan tesis. Bandung: Alfabeta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor myang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
UU Sisdiknas No.20 Tahun 2003.(2011), Jakarta : Sinar Grafika.
DOI:
http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v3i1.2859
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Meslise Rahnila
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
|
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI
Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.
|
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |