Pengaruh Persepsi Atas Lingkungan Sekolah Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada MTs Negeri Di Jakarta Selatan

Siti Soimatun Muniroh(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Heru Suparman(3)

(1) Universitas Indraprasta Jakarta, MTs. Negeri 4 Jakarta Selatan
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh persepsi atas lingkungan sekolah dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri di Jakarta Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik korelasional statistika regresi linier berganda dengan jumlah sampel 86 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas lingkungan sekolah dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 25,532. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig. 0,001 < 0,05 dan thitung = 3,405. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,918

Keywords


persepsi atas lingkungan sekolah, motivasi, prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial.

Full Text:

PDF

References


Aunurrohman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Daldjoeni, N. (1997). Seluk Beluk Masyarakat Kota. Bandung: PT. Alumni.

Djamarah, S.B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Munib, A. (2011). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT MKU UNNES.

Hamalik, O. (2010). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Hasbullah. (2006). Otonomi Pendidikan: Kebijakan Otonomi Daerah Dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.

Hidayat, S. (2013). Teori dan Prinsip Pendidikan. Jakarta: Pustaka Mandiri

Hudoyo, H. (2000). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Imam, S. (2003). Lingkungan Hidup dan Kelestariannya. Bandung: Alumni

Nasution. (1995). Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi AKsara.

Purwanto N. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.

__________. (1998). Psikologi Pendidikan. Bnadung: Remaja Rosdakarya.

Sabri, M. (2002). Psikolgi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Sardiman, A.M. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja. GrafindoPersada.

____________. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada.

Siswoyo, D. (2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakrta: PT Rieneta Cipta.

Sudjana, N. (2005). Metode Statistik. Bandung: Tarsito

___________. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2012). Aplikasi Statistik Dalam Penelitian. Jakarta Ufuk Press

Suryabrata, (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta. PT Grafindo Perkasa

Syah, M. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo

_______. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Winkel. W.S. (2003). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Tama




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v8i2.22017

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Siti Soimatun Muniroh, Sumaryoto Sumaryoto, Heru Suparman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.