Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Sejarah Pada SMAN Di Kabupaten Pandeglang

Roni Suswidyantoro(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Rinovian Rain(3)

(1) guru sejarah SMAN 10 Pandeglang
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh interaktif yang signifikan metode pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar sejarah. Penelitian dilakukan dengan metode Eksperimen. Populasi adalah siswa kelas X SMAN di Kabupaten Pandeglang dengan sampel sebanyak 60 Siswa dengan Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster sampling. Instrument penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar sejarah bentuk pilihan ganda dengan option sebanyak 20 soal. Analisis data menggunakan analisys of varians (ANOVA) dua arah factorial 2x2. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1). Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA Negeri di Kabupaten Pandeglang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig.=0.001 < 0.05 dan F hitung = 11.786, 2). Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA Negeri di Kabupaten Pandeglang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig.=0.000 < 0.05 dan F hitung = 32.237, dan 3). Terdapat pengaruh interaktif yang signifikan metode pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA Negeri di Kabupaten Pandeglang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig.=0.029 < 0.05 dan F hitung = 5.039.


Keywords


metode pembelajaran, kemandirian belajar, hasil belajar sejarah.

Full Text:

PDF

References


Aminah, S. (2016). Efek Metode Inquiry dan Kemampuan Berpikir Logis terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Pendidikan Fisika.

Anam, Khoirul. (2015). Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Babari dkk. (2002). Character Building II Relasi dengan Sesama. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Balacheff, Nicolas et al. (2009). Technology-Enhanced Learning Principles and Products. France: Springer.

Basri. (2013). Filsafat Pendidikan Islam. Bandug: CV Pustaka Setia

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Djoko. (2012). Evaluasi Pendidikan. Bandung: Pena

Hamdayana, Jumanta. (2004). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hamzah B.Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim A. (201) Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Sejarah SMA Negeri 1 Parung. Jurnal PENDIDIKAN SEJARAH 29 Vol. 7 No. 1 Januari 2018

Mu’tadin. (2002). Kemandirian Sebagai Kebutuhan Psikologi Remaja. Jakarta: Rineka Cipta.

Mohammad Ali dan Mohammad Asrori. (2005). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Nanang Hanafiah, Konsep Strategi Pembelajaran (Bandung: Refika Aditama, 2012), 41-42

Nicol, D.J, dan Dick, D.M. (2006). Formative Assesment and Self- Reguleted Learning: A Metode and Seven Principles of Good Feedback Practice, Pubished in Studies in Higher Education, VOl 31(2),199-218.

Nurhayati, E. (2011). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurkencana. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Suarabay: Usaha Masional

Samiudin. (2011). Peran Metode untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran, Studi Islam.

S, Sumahamijaya, Yansen D dan Dana D.A. (2003). Pendidikan karakter Mandiri dan Kewirausahaan. Bandung: Penerbit Angkasa.

Sumadi Suryabrata. (2006). dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo

Sumarmo. (2004). Penalaran Masalah dan Komunikasi dalam Pendidikan. Bandung: Pena Press

Suparno. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jean Pieget. Jogjakarta

Suyono dan Hariyanto. (2015). Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Triantono. (2012). Metode pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Toha. (2006). Kapita Selekta Pendidikan. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Umar Tirta Rahardja dan La Sulo. (2000). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, Hamzah B. (2007). Profesi Kependidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wahab, Abdul Azis. (2009). Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Zulfawati,A. (2019). Penerapan Metode pembelajaran Inquiry dalam Meningkatkan Kreatifitas Belajar di SMP Muhammadiyah 4 Palembang”, PAI Raden Fatah.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i3.20208

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 roni suswidyantoro, sumaryoto sumaryoto, rinovian rinovian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.