Pengaruh Kemampuan Literasi Digital dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi

Freddy Siahaan(1*)

(1) 1.Mahasiswa Pasca sarjana Universitas Indraprasta PGRI Jakarta 2.Guru Ekonomi SMA PLUS PGRI CIBINONG
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Pengaruh kemampuan literasi digital dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Swasta di Kabupaten Bogor, 2).Pengaruh kemampuan literasi digital terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Swasta di Kabupaten Bogor, 3).Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Swasta di Kabupaten Bogor. Sampel yang digunakan 83 siswa sebagai sampel penelitian menggunakan teknik proposional random sampling dengan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, disimpulkan sebagai berikut: 1).Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan literasi digital dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 18,512, 2).Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan literasi digital terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,002 < 0,05  dan thitung = 3,168, 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan  thitung = 3,899


Full Text:

PDF

References


Ali, M & Asrori (2019) Psikologi remaja (perkembangan peserta didik). Jakarta: Aksara

Abidin, Y. (2018). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara

A Gong, G & Agus M. Irkham. (20160. Gempa literasi: dari kampung untuk nusantara. Jakarta: PT. Gramedia.

Ali, M. (2014) Guru dalam proses belajar mengajar, Bandung: Sinar Baru Argensindo

Arikunto, S. (2017). Evaluasi rogram pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Brown, H. D. (2018). Teaching by principles. white plain, NY: Addison Wesley Longman, Inc

Clay, M.M. (2011). Change Over Time in Children;s Literacy Development. Portsmouth: Heinemann.

Danim, S. (2010) Kepemimpinan pendidikan kepemimipinan jenius (IQ +EQ) etika, perilaku, motivasi, dan mitos. Bandung : alfabeta

Dalyono, M. (2019). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT.Asdi Mahasatya.

Desmita. (2017). Psikologi perkembangan peserta didik . Bandung: PT Remaja Rosdakarya .

Desmita, (2012). Psikologi perkembangan peserta didik panduan bagi orang tua dan guru dalam memahami psikologi anak usia SD, SMP DAN SMA. Bandung: Rosda Karya.

Dewayani, S.(2017). Menghidupkan literasi di ruang kelas. Yogyakarta : Kanisius

Farida, R. (2012). Pengajaran membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.

Faizah. (2016).Panduan gerakan literasi sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Hamalik, O. (2014). Proses belajar mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kern, R. (2017). Literacy and language teaching. Oxford: Oxford University Press.

Mangunhardjana. (2016) Pembinaan, arti dan metodenya.Yogyakarta:Kanimus,

Munir, A. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Karakter Anak sejak dari Rumah. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.

Nazir, M. (2020). Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Parton, P (2011) Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: Arkola,

Riduwan. (2018). Metode dan teknik menyusun tesis, Bandung : Alfabeta

Saefullah (2012) Manajemen pendidikan islam. Bandung : CV Pustaka Setia

Sardiman (2016) Interaksi dan motivasi belajar mengajar, Jakarta, Raja Grafindo Persada,

Simanjuntak, B. (2010) Membina dan mengembangkan generasi muda.Bandung: Tarsito

Sudijono, A (2015) Pengantar evaluasi pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo. Persada

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2011). Pengantar penelitian pendidikan bagi pengembangan profesi pendidikan dan tenaga kependidikan. Jakarta: Kencana

Wijayanto, D.(2017). Upaya peningkatan ketrampilan membaca anak usia dini Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah

Winkel, W.S. (2016). Psikologi pengajaran. Yogyakarta : Sketsa

Yusuf. S. (2018). Literasi siswa Indonesia Laporan PISA. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i1.20186

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 FREDDY SIAHAAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.