Pengaruh Persepsi Atas Lingkungan Sekolah Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada SMP Swasta Di Kabupaten Bekasi

Bunga Anzelia(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Megawati Megawati(3)

(1) Pascasarjana UNINDRA PGRI JAKARTA
(2) Rektor Pascasarjana UNINDRA PGRI JAKARTA
(3) Dosen Pascasarjana UNINDRA PGRI JAKARTA
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengaruh Persepsi atas Lingkungan Sekolah dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui Pengaruh Persepsi atas Lingkungan Sekolah dan Motivasi Terhadap Ilmu Pengetahuan Sosial.Penelitian ini menggunakan penelitian Media penelitian survey, dengan jumlah populasi 631 dan sampel sebanyak 60 dari responden Swasta di Kabupaten Bekasi, dan menggunakan teknik analisis data untuk pembuktian hipotesis digunakan analisis korelasi dan regresi dengan menggunakan program aplikasi SPSS 24.00. Hasil membuktikan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Secara bersama-sama, kedua variabel tersebut memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar, yang dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 51,666. Secara parsial, persepsi atas lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPS dengan nilai Sig. = 0,002 < 0,05 dan thitung = 3,305, sedangkan motivasi belajar juga menunjukkan pengaruh signifikan dengan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 5,422. Temuan ini mengindikasikan bahwa menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif dan menumbuhkan motivasi belajar siswa merupakan langkah strategis untuk meningkatkan prestasi belajar IPS


Keywords


Pengaruh Persepsi atas Lingkungan Sekolah, Motivasi, Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdulah, 2013. Aplikqsi computer Dalam Penyusunan Karya Ilmiah. Tanggerang.

PT. Pustaka Mandiri

Abror, Abd. Rachman. 1993. Psikologi Pendidikan. : Tiara Wacana. Yogyakarta

Ahmadi dkk, 2004. PsikologI Belajar, Jakarta PT. Rineka Cipta

Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Buku Panduan Penulisan Tesis Program Pasca Sarjananiversitas Indraprasta PGRI

Depok

Depdiknas. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun

Tentang Standar Nasional Pendidikan

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2005). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Suatu

Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. Psikolog Pendidiakan. 2008. Jakarta PT. Bumi Aksara.

Gagne,1989:3. Psikolog belajar. Jakarta. Pustaka Mandiri

Hadikusumo, Kunaryo, dkk. (1996). Pengantar Pendidikan. Semarang: IKIP

Semarang Press

Hidayat, 2012 :8, Profesi kependidikan ( teori dan Praktek di Era Otonom),

Pustaka Mandiri Jakarta

Hamalik, Oemar. 2000. Psikologi Belajar dan Mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Bandung

Jalaluddin, 2003: 55. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Munib, 2005:76)..Pengantar Ilmu Pendidikan: UPT Unnes Press

Nasution. (2004). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Oemar, Hamalik. (2000). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar

Baru Algesindo.

Purwanto. 2002:23. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, J. (2008). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Siagian, 2004:2, Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Slameto. 2003:103, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.

Jakarta: Rineka Cipta

Sunaryo, 2004:90, Psikologi Untuk Keperawatan, Jakarta : Penerbit Buku

Kedokteran EGC

Sukamto, Tuti dan Udin Saripudin Winata Putra.1994:98. Teori Belajar dan

Model-model Pembelajaran. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan

Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Walgito. 2002.Pengantar Psikologi Umum.Yogyakarta: Andi Offset

Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT

Gramedia Widiasarana Indonesia

Yusuf. 1995:2. Teori Kepribadian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v8i2.20102

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Bunga Anzelia, Sumaryoto Sumaryoto, Megawati Megawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.