Pengaruh Persepsi Atas Lingkungan Sekolah Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada SMP Swasta Di Kabupaten Bekasi
(1) Pascasarjana UNINDRA PGRI JAKARTA
(2) Rektor Pascasarjana UNINDRA PGRI JAKARTA
(3) Dosen Pascasarjana UNINDRA PGRI JAKARTA
(*) Corresponding Author
Abstract
Pengaruh Persepsi atas Lingkungan Sekolah dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui Pengaruh Persepsi atas Lingkungan Sekolah dan Motivasi Terhadap Ilmu Pengetahuan Sosial.Penelitian ini menggunakan penelitian Media penelitian survey, dengan jumlah populasi 631 dan sampel sebanyak 60 dari responden Swasta di Kabupaten Bekasi, dan menggunakan teknik analisis data untuk pembuktian hipotesis digunakan analisis korelasi dan regresi dengan menggunakan program aplikasi SPSS 24.00. Hasil membuktikan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Secara bersama-sama, kedua variabel tersebut memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar, yang dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 51,666. Secara parsial, persepsi atas lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPS dengan nilai Sig. = 0,002 < 0,05 dan thitung = 3,305, sedangkan motivasi belajar juga menunjukkan pengaruh signifikan dengan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 5,422. Temuan ini mengindikasikan bahwa menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif dan menumbuhkan motivasi belajar siswa merupakan langkah strategis untuk meningkatkan prestasi belajar IPS
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdulah, 2013. Aplikqsi computer Dalam Penyusunan Karya Ilmiah. Tanggerang.
PT. Pustaka Mandiri
Abror, Abd. Rachman. 1993. Psikologi Pendidikan. : Tiara Wacana. Yogyakarta
Ahmadi dkk, 2004. PsikologI Belajar, Jakarta PT. Rineka Cipta
Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Buku Panduan Penulisan Tesis Program Pasca Sarjananiversitas Indraprasta PGRI
Depok
Depdiknas. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun
Tentang Standar Nasional Pendidikan
Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. (2005). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Suatu
Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali. Psikolog Pendidiakan. 2008. Jakarta PT. Bumi Aksara.
Gagne,1989:3. Psikolog belajar. Jakarta. Pustaka Mandiri
Hadikusumo, Kunaryo, dkk. (1996). Pengantar Pendidikan. Semarang: IKIP
Semarang Press
Hidayat, 2012 :8, Profesi kependidikan ( teori dan Praktek di Era Otonom),
Pustaka Mandiri Jakarta
Hamalik, Oemar. 2000. Psikologi Belajar dan Mengajar. Sinar Baru Algensindo.
Bandung
Jalaluddin, 2003: 55. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Munib, 2005:76)..Pengantar Ilmu Pendidikan: UPT Unnes Press
Nasution. (2004). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Oemar, Hamalik. (2000). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar
Baru Algesindo.
Purwanto. 2002:23. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, J. (2008). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Siagian, 2004:2, Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Slameto. 2003:103, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.
Jakarta: Rineka Cipta
Sunaryo, 2004:90, Psikologi Untuk Keperawatan, Jakarta : Penerbit Buku
Kedokteran EGC
Sukamto, Tuti dan Udin Saripudin Winata Putra.1994:98. Teori Belajar dan
Model-model Pembelajaran. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan
Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Walgito. 2002.Pengantar Psikologi Umum.Yogyakarta: Andi Offset
Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT
Gramedia Widiasarana Indonesia
Yusuf. 1995:2. Teori Kepribadian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v8i2.20102
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Bunga Anzelia, Sumaryoto Sumaryoto, Megawati Megawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |