MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SMA NEGERI DI JAKARTA TIMUR

Muhammad Ridlwan(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Julinda Siregar(3)

(1) 1. Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Indraprasta PGRI 2. Guru SMAN 100 Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(3) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi atas gaya belajar dan motivasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. 2) Pengaruh persepsi atas gaya belajar belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. 3) Pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional statistika regresi linier berganda dengan jumlah sampel 90 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas gaya belajar dan motivasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 43,145. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas gaya belajar belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,390. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,005 < 0,05 dan thitung = 2,887.

Keywords


persepsi atas gaya belajar, motivasi, prestasi belajar ekonomi

Full Text:

PDF

References


Adi Permana (2016). Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Belajar Ilmu Alamiah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, Unindra PGRI.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Chatib, M. (2011), Sekolahnya Manusia Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia, Bandung: PT Mizan Pustaka

Deporter, B & Hernacki, M. (2010: 120). Terjemah Alawiyah Abdurrahman. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Deporter, B. (2010), Quantum Teaching: mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas, Bandung: Kaifa

DePorter,B. & Hernacki, M. (2010), Quantum learning: Membiasakan belajar Nyaman dan Menyenangkan, Bandung: Kaifa

Gerungan. (2009). Psikologi Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Unnes

Ghufron, N., & Risnawita, R. (2012). Gaya Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gunawan, A.W. (2004). Born to BE a Genius. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hasbullah. (2001). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo.

Helmawati (2018). Mendidik Anak Berprestasi Melalui 10 Kecerdasan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hidayat, S. (2015). Teori dan Prinsip Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers. Imron, M. (2018). Pengembangan Kurikulum 1994.

Jauhari, H. (2013). Terampil Mengarang. Bandung: Nuansa Cendika.

Joenita Darmawati (2017). Pengaruh Motivasi Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Sma Negeri Di Kota Tuban”. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan Vol. 1 No.1 UNESA

McClelland, et al., (2012). The Achievement Motive, New York : Appleton- Century Crofts.

Nasution (2011), Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Nunan, D. (2006), Second Language Teaching and Learning. Boston:Heinle & Heinle Publisher.

Purwanto, N. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung : Bina Ilmu.

Rafy, S. (2010). Psikologi Islam: Tuntunan Jiwa Manusia Modern. Jakarta: Rajawali Pers.

Rakhmat, J. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rohadi (2020). Pengaruh Gaya dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS: Vol 3, No 1 (2020), Unindra PGRI

Rusman (2013), Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer, Bandung:Alfabeta,

Russel, L (2011), The Accelerated Learning Fieldbook: Panduan Belajar Cepat untuk Pelajar dan Umum. Bandung: Nusa Media

Sardiman A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Mengajar. Jakarta: CV Rajagrafindo Persada.

Shoimatul, U.S (2013). Revolusi Belajar Optimalisasi Kecerdasan melalui Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soekamto, T, (2010). Psikologi Pendidikan : Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta : Bina Aksara.

Sriyanti, L. (2013). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Ombak.

Sudidjono, A. (2011). Evaluasi Pedidikan. Jakarta; Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: Alfabeta.

Suparman .A (2012). Desain Instruksional. Jakarta: PAU-PPAI Dirjen Dikti. Depdiknas.

Susanti. (2019). Prestasi Belajar Akademik dan Non Akademik. Malang: Literasi Nusantara Abadi.

Syah, M. (2005). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syah, M. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Thobroni, M & Mustafa, A. (2013). Belajar dan Pembelajaran, Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Uno, B. (2012). Orirentasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV. Andy Offset.

Yunsirno (2012). Keajaiban Belajar, Pontianak: Jenius Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i1.19869

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Ridlwan, Sumaryoto Sumaryoto, Julinda Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.