Konsep Diri Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Survey Pada SMP Swasta di Kabupaten Indramayu)
(1) Universitas Indraprasta PGRI Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al-Amin Indramayu Madrasah Aliyah Al Ishlah Subang
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Ariani, B.K, Sukadi & Kertih. I, W. (2021). Kontribusi Konsep Diri, Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa SMP N 1 Mengwi. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia. 20 (2) hlm. 139-150. Doi: 10.23887.37537.
Asmara. (2009). Prestasi Belajar. Bandung: PT Rosdakarya.
Supardi. (2011). Dasar-Dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Raga, G. D. (2006). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Singaraja: Undiksha.
Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Sekolah Dasar. Jurnal Penddikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2 (1), 71.
Somantri, M. N. (2001). Menggagas pembaharuan pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Lasmawan, I. W. (2016). Pendidikan IPS. Singaraja: Mediakom Indonesia Press.
Hartuti, P. M. (2015). Peran Konsep Diri, Minat Dan Kebiasaan Belajar Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Matematika & IPA Universitas Indraprasta PGRI. 5 (2) hlm. 91-99. Doi: 10.30998.329.
Widiarti, P. (2017). Konsep Diri (Self Concept) Dan Komunikasi Interpersonal Dalam Pendampingan Pada Siswa SMP Se Kota Yogyakarta. Jurnal Kajian Ilmu Komunikasi. 47 (1) hlm. 135-148. Doi:15035-37123-1-PB.
Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali. ( 2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Agustina, S. (2015). Hubungan Konsep Diri, Motivasi Berprestasi, Dengan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Education, 10 (2), 501–512.
Djamarah. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta Pusat: Rineka Cipta.
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i3.16820
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ahmad Habibi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |