Konsep Diri Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Survey Pada SMP Swasta di Kabupaten Indramayu)

Ahmad Habibi(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Sri Hapsari(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al-Amin Indramayu Madrasah Aliyah Al Ishlah Subang
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Konsep diri dan minat belajar berasal dari diri siswa sendiri dengan belajar di rumah atau les privat dan belajar di sekolah yang di pandu oleh guru. Siswa di beri arahan, semangat, dan menanamkan rasa kepercayaan dirinya agar mereka berprestasi sehingga hasil belajar nya meningkat. Konsesp diri dapat didefinisikan sebagai keyakinan, pandangan dan penilaian seseorang terhadap dirinya. Seseorang dikatakan memiliki konsep diri negatif jika menyakini dan memandang bahwa dirinya lemah, tidak dapat berbuat apa-apa, tidak kompeten, gagal, malang, tidak menarik, tidak di sukai dan kehilangan daya Tarik terhadap hidup. Seseorang yang memiliki konsep diri negatif akan cenderung bersikap pesimistik terhadap kehidupan dan kesempatan yang dihadapinya. Seseorang dengan konsep diri negatif, akan mudah menyerah sebelum melaksakannya, sehingga jika gagal akan ada dua pihak yang disalahkan, baik menyalahkan dirinya sendiri bahkan menyalahkan orang lain. Penelitian dilakukan dalam bentuk penelitian lapangan menggunakan metode deskriptif analistis dengan mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Dalam penelitian ini data dan informasi dikumpulkan dari responden dengan kuesioner. Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMA Swasta di kabupaten Indramayu. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,00 < 0,05 dan FH = 51,890.

Keywords


Konsep Diri ; Minat Belajar; Siswa

Full Text:

PDF

References


Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Ariani, B.K, Sukadi & Kertih. I, W. (2021). Kontribusi Konsep Diri, Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa SMP N 1 Mengwi. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia. 20 (2) hlm. 139-150. Doi: 10.23887.37537.

Asmara. (2009). Prestasi Belajar. Bandung: PT Rosdakarya.

Supardi. (2011). Dasar-Dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Raga, G. D. (2006). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Singaraja: Undiksha.

Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Sekolah Dasar. Jurnal Penddikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2 (1), 71.

Somantri, M. N. (2001). Menggagas pembaharuan pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lasmawan, I. W. (2016). Pendidikan IPS. Singaraja: Mediakom Indonesia Press.

Hartuti, P. M. (2015). Peran Konsep Diri, Minat Dan Kebiasaan Belajar Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Matematika & IPA Universitas Indraprasta PGRI. 5 (2) hlm. 91-99. Doi: 10.30998.329.

Widiarti, P. (2017). Konsep Diri (Self Concept) Dan Komunikasi Interpersonal Dalam Pendampingan Pada Siswa SMP Se Kota Yogyakarta. Jurnal Kajian Ilmu Komunikasi. 47 (1) hlm. 135-148. Doi:15035-37123-1-PB.

Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. ( 2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Agustina, S. (2015). Hubungan Konsep Diri, Motivasi Berprestasi, Dengan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Education, 10 (2), 501–512.

Djamarah. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta Pusat: Rineka Cipta.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i3.16820

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ahmad Habibi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.