Perilaku Prososial Dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui: 1) pengaruh perilaku prososial dan kedisiplinan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Tangerang, 2) pengaruh perilaku prososial terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Tangerang, dan 3) pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Tngerang . Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan teknik regresi, yaitu regresi berganda. Dengan jumlah sampel 91 responden. Hasil penelitian menunjukan 1) Terdapat pengaruh yang signifikan perilaku prososial dan kedisiplinan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa SMP Negeri di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 5. 799. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan perilaku prososial terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa SMP Negeri di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan t hitung = 2. 111 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa SMP Negeri Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan t hitung = 2.836.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Allen E. J. dan Marylin C. (2005). Disiplin Positif. Jakarta: Prestasi Putakaraya
Alma, B. et.al, (2010). Pembelajaran Studi Sosial. Bandung: Alfabeta.
Amri, S. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta : Prestasi Pustakarya.
Anderson, Lorin. W dan David R. Krathwohl (Eds). (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Terjemahan oleh Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelaja
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Aryatana, Pt Erwin & Dkk. (2013). Penerapan Model Inkuiri Unutk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas IV SDN 1 Depeha Kecamatan Kubutambahan. Singaraja :Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal.
Asih & Pratiwi. 2010. Perilaku Prososial ditinjau dari Empati dan Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi, Volume I, No 1. Kudus: Universitas Muria Kudus.
Baharuddin dan Wahyuni, E. N. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Bahri, S. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Baron,R.A., & Byrne, D., (2005). Psikologi Sosial. Jilid 1 Edisi 10 (Alih Bahasa. Ratna Juwita dkk) Jakarta : Penerbit Erlangga
Baumann, C. & Krskova, H. (2016). School discipline, school uniforms and academic performance", International Journal of Educational Management. International Journal of Education, 30(6), 1003-1029. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1108/IJEM-09-2015-0118Bayraktar, H. & Dogan, C. (2017). Investigation of Primary School Teachers’ Perception of Discipline Types They Use for Classroom Management. Journal Higher Education Studies, 7(1), 30-45. Retrieved from http://dx.doi.org/10.5539/hes.v7n1p30
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Dahriani, (A). 2007. Perilaku Prososial terhadap Pengguna Jalan (Studi Fenomenologis pada Polisi Lalu Lintas). Semarang : Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.
Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish
Dayakisni, Tri & Hudaniah. (2009). Psikologi sosial. Malang: UMM Press
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta
Ekosiswoyo, R. dan Rachman, M. (2009). Manajemen Kelas. Semarang: UNNES Semarang Press.
Fathur R. dan Damaianus T. (2009) Kualitas Empati dan Intensi Prososial. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Ed (Vol). 2 No. 1, Juni 2009.
Gunawan, Rudi. (2011). Tujuan Pembelajaran IPS Filosofis, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta
Gunawan, R. (2013). Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara., 2008. Metode Diskusi.
Hasibuan, S. P. M. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.
Hamid D. (2012). Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: CV. Alfabeta
Hidayati. (2002). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Yogyakarta : Uversitas Negeri Yogyakarta
Ihsan, F. (2005). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Kompri. (2014). Manajemen Sekolah Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.
Maryani, E. (2011). Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Peningkatan Keterampilan Sosial. Bandung: Alfabeta .
Muhibbin Syah. (2010). Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Ningsih, Sri Yunita. (2017). “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Di Smp Swasta Tarbiyah Islamiyah”. Journal of Mathematics Education and Science, Volume 3, Nomor 1, Tahun 2017
Purwanto, M. N., (2009). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rojali, S. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan IPS. Surabaya: CV. Garuda Mas Sejahtera.
Riyanto, Y. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi pendidik dalam implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Prenada Media
Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda karya
Sardjiyo, S. D. dan Ischak. (2014). Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Sardiman, A.M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo.
Schaefer, C. (2012), Bagaimana Membimbing, Mendidik dan Mendisiplinkan Anak Secara Efektif, Alih Bahasa, R Turman Sirait, Jakarta : Restu Agung
Sears, D.D., Freedman, J.R., Replay, L.A. (2009). Psikologi Sosial: Jilid 1. Alih. Bahasa: Michael Ardiyanto. Jakarta: Erlangga
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Soemantri, N., (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Rosda
Sugiyanto. (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pressindo.
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : JICA-UPI.
Sumaatmadja, N. (2007). Konsep Dasar IPS . Jakarta: Universitas Terbuk
Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta :Rineka Cipta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Thobroni. (2015). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: ArRuzz Media.
Tu’u, T. (2008). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Bandung: Grasindo
Uno, H.B. dan Mohammad, N. (2015). Belajar dengan Pendekatan Pailkem. Bumi Aksara: Jakarta.
Usman, H. & Akbar, S. P. (2006). Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.
Uyanto, S. S. (2006). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Winkel,W.S. (2007). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. Media Abadi
Yusuf, L N. S. (2004). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Zuchdi, D. (2008). Humanisme Pendidikan.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i2.16809
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Dewi Aprillia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |