Persepsi Atas Lingkungan Sekolah Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Sosiologi Pada SMA Negeri Di Kota Bekasi
(1) Universitas Indraprasta PGRI SMAN 11 Kota Bekasi KCD WIL.111 Provinsi Jawa barat
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh persepsi atas lingkungan sekolah dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sosiologi siswa SMA Negeri di Kota Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional regresi linier berganda dengan jumlah sampel 75 siswa. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas lingkungan sekolah dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sosiologi siswa SMA Negeri di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 29,997. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar Sosiologi siswa SMA Negeri di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 3,819. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar Sosiologi siswa SMA Negeri di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,866.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmadi & Uhbiyati. (2001). Ilmu pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmadi, A. (2004). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ali, M. & Asrori. (2005). Psikologi remaja, perkembangan psesrta didik. Jakarta: Bumi Aksara.
Chaplin, C.P. (2005). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada..
Dalyono. (2009). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Daradjat, Z. (2008). Ilmu pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Ghozali, I. (2007). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS, , Semarang: Universitas Diponogoro
_________. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan menggunakan program IBM SPSS19. Semarang: Universitas Diponegor
Hamalik, O. (2005). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hakim, T. (2002). Mengatasi rasa tidak percaya diri. Jakarta: Puspa Swara.
Hasbullah, (2006). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Jakarta: PT Raja Gafindo Persada.
Hasibuan, S. P. M. (2009). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta : Bumi Aksara
Mudjiman, H. (2007). Belajar mandiri. Jakarta: Grassindo
Purwanto, (2014). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ruch, F. L. (2007). Developing the education environment, problem & management. London: Longman Scientific & Technical
Ridwan. (2004). Belajar mudah penelitian untuk guru, karyawan dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
_________. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT.Asdi Mahasatya
Soekanto, S. & Sulistyowati, B. (2015). Sosiologi Suatu Pengantar. Depok: Rajagrafindo Persada.
Suryabrata, S. (2004) Psikologi pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada,
Syah, M. (2005). Psikologi pendidikan. Bandung: Rosdakarya
Soekanto, S. (2015). Sosiologi suatu Pengantar. Jakarta: PT Rajawali Pers.
Sabri, A.M. (2003). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya. mengemukakan bahwa “persepsi
Sobry, M.S. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Prospect. Bandung:
Syah, M. (2000). Psikologi belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
________. (2012). Psikologi belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Setiadi, (2008). Konsep & proses keperawatan keluarga. Yogyakarta: Graha Ilmu
Singarimbun, M. (1995). Metode penelititan survei. Jakarta: LP3S
Soemanto, W. (2006). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Solso, R. dkk (2008). Psikologi kognitif edisi delapan. Jakarta: Erlangga.
Sugihartono, (2012). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Sugiyono, (2008). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
________. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV
_________. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutikno, dkk. (2007). Strategi belajar mengajar melalui penanaman konsep umum dan konsep Islami. Jakarta: PT. Refika Aditama.
Tohirin. (2008). Bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah (berbasis integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tohirin, (2005). Psikologi pembelajaran pendidikan agama Islam (Berbasis integrasi dan kompetensi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Tirtarahardja & Sulo, L. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Winardi.(2007). Motivasi dan pemotivasian dalam manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Winataputra, U. S. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yusuf, S.L.N. (2001). Psikologi perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Yamin, M. (2008). Desain pembelajaran berbasis tingkat satuan pendidikan. Jakarta : Gaung Persada Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i2.16750
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 RANI YULIAWATI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |