Persepsi Atas Lingkungan Sekolah Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Sosiologi Pada SMA Negeri Di Kota Bekasi

Rani Yuliawati(1*), Mamik Suendarti(2), Soeparlan Kasyadi(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI SMAN 11 Kota Bekasi KCD WIL.111 Provinsi Jawa barat
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh persepsi atas lingkungan sekolah dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sosiologi siswa SMA Negeri di Kota Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional regresi linier berganda dengan jumlah sampel 75 siswa. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas lingkungan sekolah dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sosiologi siswa SMA Negeri di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 29,997. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar Sosiologi siswa SMA Negeri di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 3,819. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar Sosiologi siswa SMA Negeri di Kota Bekasi.  Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,866.


Keywords


Persepsi atas lingkungan sekolah, kemandirian belajar, prestasi belajar sosiologi.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi & Uhbiyati. (2001). Ilmu pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, A. (2004). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ali, M. & Asrori. (2005). Psikologi remaja, perkembangan psesrta didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Chaplin, C.P. (2005). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada..

Dalyono. (2009). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Daradjat, Z. (2008). Ilmu pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Ghozali, I. (2007). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS, , Semarang: Universitas Diponogoro

_________. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan menggunakan program IBM SPSS19. Semarang: Universitas Diponegor

Hamalik, O. (2005). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hakim, T. (2002). Mengatasi rasa tidak percaya diri. Jakarta: Puspa Swara.

Hasbullah, (2006). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Jakarta: PT Raja Gafindo Persada.

Hasibuan, S. P. M. (2009). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta : Bumi Aksara

Mudjiman, H. (2007). Belajar mandiri. Jakarta: Grassindo

Purwanto, (2014). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ruch, F. L. (2007). Developing the education environment, problem & management. London: Longman Scientific & Technical

Ridwan. (2004). Belajar mudah penelitian untuk guru, karyawan dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

_________. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT.Asdi Mahasatya

Soekanto, S. & Sulistyowati, B. (2015). Sosiologi Suatu Pengantar. Depok: Rajagrafindo Persada.

Suryabrata, S. (2004) Psikologi pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Syah, M. (2005). Psikologi pendidikan. Bandung: Rosdakarya

Soekanto, S. (2015). Sosiologi suatu Pengantar. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Sabri, A.M. (2003). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya. mengemukakan bahwa “persepsi

Sobry, M.S. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Prospect. Bandung:

Syah, M. (2000). Psikologi belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

________. (2012). Psikologi belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Setiadi, (2008). Konsep & proses keperawatan keluarga. Yogyakarta: Graha Ilmu

Singarimbun, M. (1995). Metode penelititan survei. Jakarta: LP3S

Soemanto, W. (2006). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Solso, R. dkk (2008). Psikologi kognitif edisi delapan. Jakarta: Erlangga.

Sugihartono, (2012). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono, (2008). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV

_________. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutikno, dkk. (2007). Strategi belajar mengajar melalui penanaman konsep umum dan konsep Islami. Jakarta: PT. Refika Aditama.

Tohirin. (2008). Bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah (berbasis integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tohirin, (2005). Psikologi pembelajaran pendidikan agama Islam (Berbasis integrasi dan kompetensi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tirtarahardja & Sulo, L. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Winardi.(2007). Motivasi dan pemotivasian dalam manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Winataputra, U. S. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yusuf, S.L.N. (2001). Psikologi perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yamin, M. (2008). Desain pembelajaran berbasis tingkat satuan pendidikan. Jakarta : Gaung Persada Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i2.16750

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 RANI YULIAWATI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.