Pengaruh Efikasi Diri Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada MTs Negeri Di Jakarta Selatan
(1) Universitas Indraprasta PGRI MTsn 41 Al Azhar Asy syarif
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh efikasi diri dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa MTs Negeri di Jakarta Selatan. 2) Pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa MTs Negeri di Jakarta Selatan. 3) Pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa MTs Negeri di Jakarta Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional, regresi linier berganda dengan jumlah sampel 90 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan efikasi diri dan kebiasaan belajar belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa MTs Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan FhitungĀ = 28,567. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan efikasi diri terhadap prestasi belajar IPS siswa MTs Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,009 < 0,05 dan thitung = 2,679. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa MTs Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan thitung = 5,080.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A. & Supriono, W. (2014). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arifin, Z. (2012). Penenlitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Aunurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Bandura, Albert. (2009). Self-Efficacy in Changing Societies. New York: Cambridge University Press.
Dariyo, A. (2013). Dasar-Dasar Pedagogi Modern. Jakarta: PT Indeks
Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan
Djaali. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah, S.B. (2013). Pola Komunikasi Orangtua dan Anak Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, S.B. dan Aswan, Z. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathurrohman, M & Sulistyorini. (2012). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.
Feist, J. & Gregory J. Feist. (2010). Teori Kepribadian (Edisi ketujuh). Jakarta: Penerbit Salemba Humanika
Folastri, S. (2013). Konselor Jurnal Ilmiah Konseling Volume 2 Nomor 1 Januari 2013. Diakses dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor
Ihsana, E. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka
Maddux, J. E. (2013). Self-Efficacy, Adaptation, and Adjustment: Theory, Research, and Application. New York : Plenum Press
Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mudasir. (2015). Psikologi Pendidikan. Riau: STAI Nurul Falah
Purwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Riduwan. (2012). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Sapriya. (2017). Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sary, Y.N.E. (2015). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing
Schunk, Dale H., and Judith L. Meece. (2005). Self-Efficacy Development in Adolescences. By Information Age Publishing.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, N. (2012). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sudjana. (2005). Metode Statistik. Bandung: Tarsito
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Supardi, US. (2013). Aplikasi Statistik Dalam Penelitian. Jakarta: Ufuk Press
Susanto, A. (2013). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Kharisma Putra
Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i1.16728
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 alfriealintina rina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |