Pengaruh Efikasi Diri Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada MTs Negeri Di Jakarta Selatan

Alfriealintina Rina(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Nani Hanifah(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI MTsn 41 Al Azhar Asy syarif
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh efikasi diri dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa MTs Negeri di Jakarta Selatan. 2) Pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa MTs Negeri di Jakarta Selatan. 3) Pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa MTs Negeri di Jakarta Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional, regresi linier berganda dengan jumlah sampel 90 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan efikasi diri dan kebiasaan belajar belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa MTs Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan FhitungĀ  = 28,567. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan efikasi diri terhadap prestasi belajar IPS siswa MTs Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,009 < 0,05 dan thitung = 2,679. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa MTs Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan thitung = 5,080.


Keywords


Efikasi diri, kebiasaan belajar, prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. & Supriono, W. (2014). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin, Z. (2012). Penenlitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Aunurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Bandura, Albert. (2009). Self-Efficacy in Changing Societies. New York: Cambridge University Press.

Dariyo, A. (2013). Dasar-Dasar Pedagogi Modern. Jakarta: PT Indeks

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan

Djaali. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, S.B. (2013). Pola Komunikasi Orangtua dan Anak Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, S.B. dan Aswan, Z. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, M & Sulistyorini. (2012). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Feist, J. & Gregory J. Feist. (2010). Teori Kepribadian (Edisi ketujuh). Jakarta: Penerbit Salemba Humanika

Folastri, S. (2013). Konselor Jurnal Ilmiah Konseling Volume 2 Nomor 1 Januari 2013. Diakses dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor

Ihsana, E. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka

Maddux, J. E. (2013). Self-Efficacy, Adaptation, and Adjustment: Theory, Research, and Application. New York : Plenum Press

Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mudasir. (2015). Psikologi Pendidikan. Riau: STAI Nurul Falah

Purwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Riduwan. (2012). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Sapriya. (2017). Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sary, Y.N.E. (2015). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing

Schunk, Dale H., and Judith L. Meece. (2005). Self-Efficacy Development in Adolescences. By Information Age Publishing.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, N. (2012). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sudjana. (2005). Metode Statistik. Bandung: Tarsito

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Supardi, US. (2013). Aplikasi Statistik Dalam Penelitian. Jakarta: Ufuk Press

Susanto, A. (2013). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Kharisma Putra

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i1.16728

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 alfriealintina rina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.