Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada SMP Swasta Di Kabupaten Bekasi
(1) Universitas Indraprasta PGRI SMPS Daarul Quran Bekasi
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh interaktif metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sampel sebanyak 60 siswa dari sebanyak 515 kelas IX yang dibagi dalam empat kelas penelitian yang dipilih secara random dari seluruh siswa kelas IX SMP Daarul Qur’an dan SMP Aluthfa Kabupaten Bekasi. Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,001 < 0,05 dan Fhitung = 11,479. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,033 < 0,05 dan Fhitung = 4,777. 3) Terdapat pengaruh interaktif yang signifikan Metode Pembelajaran dan Motivasi belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,043 < 0,05 dan Fhitung = 4,289.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, S. I. (2014). Aplikasi Komputer Dalam Penyusunan Karya Ilmiah. Tangerang: Pustaka Mandiri.
Achdiyat, M. Virgana. Kasyadi, S. (2017). Evaluasi dalam Pembelajaran. Tangerang: Pustaka Mandiri.
Ahmadi, A., & Prasetya, J,T. (1997). Strategi Belajar Mengajar (SBM). Bandung: CV Pustaka Setia.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek.. Jakarta: PT Rineke Cipta.
Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Alfabeta.
Baharuddin, & Wahyuni, N. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.
Djaelani, S., Suriani., Zahara, T. & Sartini. (2014). Dasar-dasar Kependidikan. Tangerang: Pustaka Mandiri.
Fauzi, A. 2013. Manajemen pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Fathurrohman, P,. & Sutikno, S,. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.
Hamalika, O. (2010). Psikologi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hanafiah, N,. & Suhana, C,. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Masdudi. (2012). Bimbingan Konseling Perspektif Sekolah. Cirebon: Al Tarbiyah Press.
Mudjiono, D. (1994). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.
Mulyasah. (2014). Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munandar, U,. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Muslich, M. (2011). Authentic Assessment: Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama.
Purwanto, M. N. (2007). Psikologi Pendidikam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahman, M,. & Amri, S. (2014). Model Pembelajaran ARIAS Terintegratif. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Safari. (2004). Analisis Butir Soal. Jakarta: CV Purnama.
Sagala, S (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i1.15279
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ilah Nartila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |