Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada SMP Swasta Di Kabupaten Bekasi

Ilah Nartila(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI SMPS Daarul Quran Bekasi
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh interaktif metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sampel sebanyak 60 siswa dari sebanyak 515 kelas IX yang dibagi dalam empat kelas penelitian yang dipilih secara random dari seluruh siswa kelas IX SMP Daarul Qur’an dan SMP Aluthfa Kabupaten Bekasi. Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,001 < 0,05 dan Fhitung = 11,479. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,033 < 0,05 dan Fhitung = 4,777. 3) Terdapat pengaruh interaktif yang signifikan Metode Pembelajaran dan Motivasi belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,043 < 0,05 dan Fhitung = 4,289.


Keywords


Metode pembelajaran, motivasi belajar, hasil belajar IPS.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S. I. (2014). Aplikasi Komputer Dalam Penyusunan Karya Ilmiah. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Achdiyat, M. Virgana. Kasyadi, S. (2017). Evaluasi dalam Pembelajaran. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Ahmadi, A., & Prasetya, J,T. (1997). Strategi Belajar Mengajar (SBM). Bandung: CV Pustaka Setia.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek.. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Alfabeta.

Baharuddin, & Wahyuni, N. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Djaelani, S., Suriani., Zahara, T. & Sartini. (2014). Dasar-dasar Kependidikan. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Fauzi, A. 2013. Manajemen pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Fathurrohman, P,. & Sutikno, S,. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Hamalika, O. (2010). Psikologi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hanafiah, N,. & Suhana, C,. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Masdudi. (2012). Bimbingan Konseling Perspektif Sekolah. Cirebon: Al Tarbiyah Press.

Mudjiono, D. (1994). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.

Mulyasah. (2014). Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munandar, U,. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Muslich, M. (2011). Authentic Assessment: Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama.

Purwanto, M. N. (2007). Psikologi Pendidikam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahman, M,. & Amri, S. (2014). Model Pembelajaran ARIAS Terintegratif. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Safari. (2004). Analisis Butir Soal. Jakarta: CV Purnama.

Sagala, S (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i1.15279

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ilah Nartila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.