Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran Dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Survei Pada SMP Negeri di Kabupaten Bekasi)

Dea Hidayani(1), Sumaryoto Sumaryoto(2*)

(1) Fakultas Pascasarjana UNINDRA SMPIT Al Fawwaz
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengaruh Persepsi Media Pembelajaran dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi media pembelajaran dan konsep diri terhadap prestasi belajar IPS. Penelitian ini menggunakan desain survei deskriptif dengan populasi SMP Negeri di Kabupaten Bekasi, dan melalui proporsional random sampling diperoleh sampel sebanyak 60 orang. Hasil penelitian membuktikan terdapat pengaruh persepsi media pembelajaran dan konsep diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS. Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran dan konsep diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 34.529. Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. sebesar = 0,000 < 0,05 dan thitung = 1.028. Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Bekasi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan nilai thitung = 1.026.


Keywords


Persepsi, Media Pembelajaran, Konsep Diri, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Agustiani, H. (2009). Psikologi Perkembangan: Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri Pada Remaja. Bandung: Refika Aditama.

Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, A. (2009). Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Burns, R. B. (2010). Konsep Diri (Teori, Pengukuran, Perkembangan, dan Perilaku). Alih bahasa: Eddy. Jakarta : Arcan.

Djamaroh, S. B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Endayani, H. (2017). Pengembangan Materi Ajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Ijtimaiyah: Jurnal Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. FITK UIN SU Medan. Hlm. 1-19.

Fathurrahman & Sulistyorini. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras

Hartono & Arnicum A. (2008). Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendriati, A. (2009). Psikologi Perkembangan (Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja). Bandung: PT Refika Aditama.

Inge, H. (2010). Pengembangan Kepribadian Tinjauan Praktis Menuju Pribadi Positif. Jakarta. PT Indeks.

Jalaludin, R. (2015). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya

Jamilah. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Zoom Terhadap Prestasi Belajar PPKn Siswa Kelas IV MI Al-Wathoniyah 43 Jakarta Utara. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Jakarta.

Khodijah. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Lestari, S. Dkk. (2015). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Unindra Press.

Martini, Studi Deskriptif Tentang Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Pembimbing Pada Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling di SMA Negeri plus Desa Teluk Kenidai Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Tahun 2005/2006. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. FTK. UIN Suska Riau. 2006, h. 13.

Mariskhana, K. (2019). Prestasi Belajar Sebagai Dampak Dari Minat Baca dan Bimbingan Belajar Siswa IPS. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika.

Megawanti, P. Megawanti, E. Nurkhafifah, S. (2020) Persepsi Peserta Didik Terhadap PJJ Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal. Jurnal Ilmiah Kependidikan, hlm. 75-82

Mieke Nurbaya dan Suharto. (2021). Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Ditentukan oleh Persepsi Siswa atas Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Mereka, SMP Negeri di Jakarta Selatan. Vol 4 No.1

M. Nur Ghufron & Rini Risnawita S. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Munir. (2010). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi, Komunikasi dan Informasi. Bandung: CV Alfabeta

Mustakim, (2020) Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Matapelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Wajo Sulawesi Selatan. Vol 2 No.1

Novilita, H. Suharnan. (2013). Konsep Diri Adversity Quotient dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Psikologi. Hlm. 619-632.

Pratini, S. (2010). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Studing

Purwanto M, N. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta.

Puspitasari, Kristanti Ambar & Samsul Islam. (2018). Kesiapan Belajar Mandiri Mahasiswa dan Calon Potensial Mahasiswa pada Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia. Universitas Terbuka

Putri, W.A. dkk. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri Sudimara Timur. Cerdika. Jurnal Ilmiah Indonesia. 1(3) hlm. 321-327.

Ranny. Rianti, E. Dkk. (2017) Konsep Diri Remaja dan Peranan Konseling. Jurnal: Jurnal Penelitian Guru Indonesia. Hlm. 40-47.

Riswandi. (2013). Psikologi Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Santrock, J. (2012). Live span development, perkembangan masa hidup. Terjemahan oleh Benedictine Widyasinta. Jakarta : Erlangga.

Sardiman A.M, (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Singgih, D. G. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Suhana, C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran (Edisi Revisi). Bandung: Refika Aditama.

Surya, M. (2015). Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Bandung

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Karya.

Syamsul B, T. (2013). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana.

Suryani. (2019). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Wahab, R. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Wasty, S. (2012). Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Widiarti, P.W. (2017). Konsep Diri (Self Concept) dan Komunikasi Interpersonal dalam Pendampingan pada Siswa SMP Se Kota Yogyakarta. Komunikasi. Kajian Ilmu Komunikasi. Hlm. 135-148.

Widiastika, I.G. Prestasi Belajar IPS Siswa SMP Dalam Lingkungan Belajar Inkuiri Berbantuan Lembar Kerja Siswa. ISSN 2355-0066. Jurnal Tunas Bangsa. Hlm. 163-172.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i1.14828

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dea Hidayani, Prof. Dr. Sumaryoto Sumaryoto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.