Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran Dan Rasa Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar Sejarah

Alin Arlina(1*)

(1) MAHASISWA FAKULTAS PASCA SARJANA UNIVERSITAS UNINDRA GURU SMK PARIWISATA METLAND SCHOOL
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi atas media pembelajaran dan rasa percaya diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. 2) Pengaruh persepsi atas media pembelajaran terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. 3) Pengaruh rasa percaya diri terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional, regresi linier berganda dengan jumlah sampel 85 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran belajar dan rasa percaya diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 23,379. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,023 < 0,05 dan thitung = 2,325. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,019 < 0,05 dan thitung = 2,391.


Keywords


Persepsi atas media pembelajaran, rasa percaya diri, prestasi belajar sejarah

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali

Bafadal, I. (2003). Seri manajemen peningkatan mutu pendidikan berbasis sekolah. Manajemen perlengkapan sekolah teori dan aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara

Criticos. (2006). Media selection. Plomp, T., & Ely, D. P. (Eds.): International Encyclopedia of Educational Technology, 2nd edition. New York: Elsevier Science, Inc

Djaali. (2011) Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Djamarah, S.B.dan Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Unnes

Hakim, T. (2013). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa

Hamalik, O. (2009). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Ibrahim, H. (2001). Media Pembelajaran: Arti, fungsi, landasan penggunaan, klasifikasi, pemilihan, karakteristik oht, opaque, filmstrip, slide, film, video, tv, dan penulisan naskah slide. (Bahan sajian program pendidikan akta mengajar III-IV). Malang: FIP-IKIP Malang

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media Belajar Dan Sumber Belajar. Jakarta: Prestasi Pustakakarya

Purwana, A.E. (2009). Pembelajaran IPS MI. Surabaya: AprintA

Purwanto, N. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung : Bina Ilmu

Sadiman. (2006). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo

Saidihardjo. (2004). Pengembangan Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta

Sanaky, H. A.H (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press,

Sapriya. (2009) Pendidikan IPS. Bandung: Rosda Karya.

Soekamto, T, (2008). Psikologi Pendidikan : Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Bina Aksara.

Slameto, (2016). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka. Cipta.

Smaldino. (2011). Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Terjemahan oleh Arif Rahman. Jakarta: Kencana

Sudidjono, A. (2011). Evaluasi Pedidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sudjana, N., & Rivai. (2016), Media Pembelajaran, Bandung: Sinarbaru

Sugiharto, A. (2019). Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Guru-Guru SMPN 1 Karimunjawaā€¯Seminar Nasional Kolaborasi Pengabdian Kepada Masyarakat UNDIP-UNNES

Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Perss

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: Alfabeta.

Syah, M. (2011). Psikologi Pendidikan: Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

________. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Wigati, S. (2018). Penegembangan Youtube Pembelajaran Berbasis Ki Hadjar Dewantara Untuk Materi Integral di SMA.

Winkel, W.S. (2007). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i2.14671

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Alin Arlina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.