Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran Dan Rasa Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar Sejarah
(1) MAHASISWA FAKULTAS PASCA SARJANA UNIVERSITAS UNINDRA GURU SMK PARIWISATA METLAND SCHOOL
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi atas media pembelajaran dan rasa percaya diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. 2) Pengaruh persepsi atas media pembelajaran terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. 3) Pengaruh rasa percaya diri terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional, regresi linier berganda dengan jumlah sampel 85 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran belajar dan rasa percaya diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 23,379. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,023 < 0,05 dan thitung = 2,325. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,019 < 0,05 dan thitung = 2,391.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali
Bafadal, I. (2003). Seri manajemen peningkatan mutu pendidikan berbasis sekolah. Manajemen perlengkapan sekolah teori dan aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara
Criticos. (2006). Media selection. Plomp, T., & Ely, D. P. (Eds.): International Encyclopedia of Educational Technology, 2nd edition. New York: Elsevier Science, Inc
Djaali. (2011) Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Djamarah, S.B.dan Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Unnes
Hakim, T. (2013). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa
Hamalik, O. (2009). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Ibrahim, H. (2001). Media Pembelajaran: Arti, fungsi, landasan penggunaan, klasifikasi, pemilihan, karakteristik oht, opaque, filmstrip, slide, film, video, tv, dan penulisan naskah slide. (Bahan sajian program pendidikan akta mengajar III-IV). Malang: FIP-IKIP Malang
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media Belajar Dan Sumber Belajar. Jakarta: Prestasi Pustakakarya
Purwana, A.E. (2009). Pembelajaran IPS MI. Surabaya: AprintA
Purwanto, N. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung : Bina Ilmu
Sadiman. (2006). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo
Saidihardjo. (2004). Pengembangan Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta
Sanaky, H. A.H (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press,
Sapriya. (2009) Pendidikan IPS. Bandung: Rosda Karya.
Soekamto, T, (2008). Psikologi Pendidikan : Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Bina Aksara.
Slameto, (2016). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka. Cipta.
Smaldino. (2011). Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Terjemahan oleh Arif Rahman. Jakarta: Kencana
Sudidjono, A. (2011). Evaluasi Pedidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sudjana, N., & Rivai. (2016), Media Pembelajaran, Bandung: Sinarbaru
Sugiharto, A. (2019). Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Guru-Guru SMPN 1 Karimunjawaā€¯Seminar Nasional Kolaborasi Pengabdian Kepada Masyarakat UNDIP-UNNES
Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Perss
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: Alfabeta.
Syah, M. (2011). Psikologi Pendidikan: Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
________. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Wigati, S. (2018). Penegembangan Youtube Pembelajaran Berbasis Ki Hadjar Dewantara Untuk Materi Integral di SMA.
Winkel, W.S. (2007). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i2.14671
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Alin Arlina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |