Persepsi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Asep Sudrajat(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai Pengaruh Persepsi Atas Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS. Hipotesis penelitian yang diuji Pengaruh Persepsi Atas Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS. Penelitian dilakukan dengan metode survey. Instrument penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar IPS bentuk pilihan ganda dengan option sebanyak 20 soal yang telah diuji homogenitasnya. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar IPS hal tersebut dibuktikan dengan sig. 0,000 < 0,05 dan t hitung 6,638. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS hal tersebut dibuktikan dengan Sig. 0,000 < 0,05 t hitung 5,374. 3) Terdapat pengaruh interaktif yang signifikan kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS. Hal tersebut dibuktikan dengan Sig. 0,000 < 0,05 F hitung 32,175. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar IPS di tingkat SMP


Full Text:

PDF

References


Algifari. (2005). Analisis regresi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta

Arikunto, Suharsimi. (2010), Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Baharuddin & Wahyuni, E.N. (2008). Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Djamarah, S.B. (2012). Rahasia sukses belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Dananjaya, U. (2010). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Depdiknas.(2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas

Haryanto. 2008. Model Pembelajaran PAKEM Sekolah Dasar

Gulo, W. (2012). Strategi belajar mengajar. Jakarta: PT Grasindo.

Gunawan, A.W. (2011). Genius learning strategy. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Hamalik, oemar. (2006),Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta, PT. Bumi Aksara.

Himpunan Perundang-undangan RI tentang Guru dan Dosen, ( 2006 ). Bandung: Aulia

Imron, A. (2012) Manajemen peserta didik berbasis sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Iskandar. (2009). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi. Aksara.

Johnson, E. B. (2009). Contextual teaching and learning: menjadikan kegiatan belajar mengajar mengasyikkan dan bermakna. Bandung: Mizan Learning Center

Mulyasa. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Murjono. (2006). Inteligensi Dalam Hubungannya Dengan Prestasi Belajar. Anima. Vol. XI. Nomor 42, Januari-Mare

Nurdin, Yayah Pujasari. (2009). “Pengaruh Kompetensi Professional Guru terhadap Keberhasilan Belajar Siswa”. Jurnal pendidikan. http://www.google.co.id/.

Riduwan. (2014), Metode dan teknik menyusun tesis. Bandung: Alfabeta

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Perss

Sardiman,A.M. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.

Sardiman. (2004), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada

Singarimbun, M. Dan Effendi, S. (2006). Metode penelitian survey. Jakarta : LP3ES

Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sujiono. (2015). Metode perkembangan kognitif. Jakarta : Pustaka Pelajar

Susilowati, D. (2009). Upaya meningkatkan kemandirian Belajar. Yogyakarta: UNY

Suryabrata. (2012). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo. Persada.

Suryosubroto. (2009), Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta, PT. Rineka Cipta.

Surya, H. (2011). Strategi jitu mencapai kesuksesan belajar , Jakarta: Elek Media Komputindo

Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i1.14414

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Asep Sudrajat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.