Persepsi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai Pengaruh Persepsi Atas Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS. Hipotesis penelitian yang diuji Pengaruh Persepsi Atas Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS. Penelitian dilakukan dengan metode survey. Instrument penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar IPS bentuk pilihan ganda dengan option sebanyak 20 soal yang telah diuji homogenitasnya. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar IPS hal tersebut dibuktikan dengan sig. 0,000 < 0,05 dan t hitung 6,638. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS hal tersebut dibuktikan dengan Sig. 0,000 < 0,05 t hitung 5,374. 3) Terdapat pengaruh interaktif yang signifikan kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS. Hal tersebut dibuktikan dengan Sig. 0,000 < 0,05 F hitung 32,175. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar IPS di tingkat SMP
Full Text:
PDFReferences
Algifari. (2005). Analisis regresi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta
Arikunto, Suharsimi. (2010), Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Baharuddin & Wahyuni, E.N. (2008). Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Djamarah, S.B. (2012). Rahasia sukses belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Dananjaya, U. (2010). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.
Depdiknas.(2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas
Haryanto. 2008. Model Pembelajaran PAKEM Sekolah Dasar
Gulo, W. (2012). Strategi belajar mengajar. Jakarta: PT Grasindo.
Gunawan, A.W. (2011). Genius learning strategy. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Hamalik, oemar. (2006),Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta, PT. Bumi Aksara.
Himpunan Perundang-undangan RI tentang Guru dan Dosen, ( 2006 ). Bandung: Aulia
Imron, A. (2012) Manajemen peserta didik berbasis sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Iskandar. (2009). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi. Aksara.
Johnson, E. B. (2009). Contextual teaching and learning: menjadikan kegiatan belajar mengajar mengasyikkan dan bermakna. Bandung: Mizan Learning Center
Mulyasa. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Murjono. (2006). Inteligensi Dalam Hubungannya Dengan Prestasi Belajar. Anima. Vol. XI. Nomor 42, Januari-Mare
Nurdin, Yayah Pujasari. (2009). “Pengaruh Kompetensi Professional Guru terhadap Keberhasilan Belajar Siswa”. Jurnal pendidikan. http://www.google.co.id/.
Riduwan. (2014), Metode dan teknik menyusun tesis. Bandung: Alfabeta
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Perss
Sardiman,A.M. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.
Sardiman. (2004), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada
Singarimbun, M. Dan Effendi, S. (2006). Metode penelitian survey. Jakarta : LP3ES
Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Sujiono. (2015). Metode perkembangan kognitif. Jakarta : Pustaka Pelajar
Susilowati, D. (2009). Upaya meningkatkan kemandirian Belajar. Yogyakarta: UNY
Suryabrata. (2012). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo. Persada.
Suryosubroto. (2009), Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta, PT. Rineka Cipta.
Surya, H. (2011). Strategi jitu mencapai kesuksesan belajar , Jakarta: Elek Media Komputindo
Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i1.14414
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Asep Sudrajat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |