Pengaruh Persepsi Atas Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Smp Negeri Di Kota Depok

Suryatin Suryatin(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Heru Sriyono(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh persepsi atas strategi pembelajaran dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Kota Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik korelasional regresi linier berganda dengan jumlah sampel 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas strategi pembelajaran dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 43,345. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,490. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Depok.  Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig 0,001 < 0,05 dan thitung = 3,685.


Full Text:

PDF

References


Abu,A (1991).Psikologi Belajar.Jakarta:Rinerka Cipta

Arikunto,S.(2009).Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta;Bumi Aksara.

Chaplin (1999).Kamus Lengkap Psikologi.Jakarta;Rajawali Press.

Depdiknas Republik Indonesia.(2003).Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta.

Depdiknas.(2002).Kamus Bahasa Indonesia.Edisi ke-3,Cetakan ke dua.Jakarta:Balai Pustaka

Devidoff,L.L (1988).Psikologi Suatu Pengantar.Jakarta:Erlangga

Djamarah,S.B., & Zain,A.(2002).Strategi Belajar Mengajar.Jakarta:Rineka Cipta

Fathurrohman,P.(2001). Strategi Belajar mengajar.Bandung: PT.Refika Aditama

Hasnunidah,N.(2017).Analisis Data Statistika dan Penelitian.Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Istarani (2011). Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran).Medan : Media Persada.

Margono,S.(2003).Metodologi Penelitian Pendidikan.Jakarta:Rineka Cipta

Nasution,S.(2007).Methode Research.Jakarta:Bumi Aksara

Purwanto.N.(2004) Psikologi Pendidikan .Bandung:Remaja Rosdakarya

Rofa'ah (2016).Pentingnya kompetensi Guru dalam kegiatan pembelajaran dalam perspektif Islam.Yigyakarts:Deepubliss

Ruch.F.L.(1987).Psychology and Life.Atlanta:Foresman

Rusman.(2012).Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru abad 21.Bandung:Alfabeta.

Setiawan,W.(2009).Pembelajaran Aktif,Kreatif,Efektif dan Menyenangkan untuk Guru SD.Jakarta:PPPPTK IPA.

Singarimbun,M & Effendi,(2008).Metode Penelitian Survei,Jakarta:LP3ES

Slameto.(2003).Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta:Rineka Cipta

Slameto.(2010).Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta

Sodiqin,A.,& Badruzaman.(2004).Metode Studi Islam Bandung:Tunas

Sudjana,N (2009).Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung:PT Remaja Rosda Karya

Sudjana.N.(2005).Metode Statistik.Bandung:Penerbit Tarsito

Sugiyanto (2009).Model-model Pembelajaran Inovatif.Surakarta:Panitia Sertifikasi Guru (PSG)Rayon 13

Sugiono.(2007).Metode Penelitian Pendidikan Bandung:Alfabeta

Sumantri,M.,& Permana,J.(2001).Strategi Belajar Mengajar.Bandung.CV.Maulana

Suprihatiningrum,J.(2013).Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi.Jogyakarta:Ar-Ruzz Media

Supriyono.(2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.Yogyakarta:Pustaka Belajar

Suryabrata,S.(2003).Psikologi Pendidikan.Jakarta:Rajawali Press

Suryanto & Jihad.(2013).Menjadi Guru Profesional (Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas guru di Era Global).Jakarta:Esensi Erlangga Group

Syah,M.(2008).Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.Bandung:PT.Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun.(2009).Buku Panduan Penulisan Tesis.Jakarta:Unindra-PGRI

Trianto (2010).Model Pembelajaran Terpadu,Konsef,Strategi dan Implementasinya dalam KTSP,Jakarta:Bumi Aksara

Unindra.(2010).Buku Panduan Penulisan Tesis Program Pascasarjana.Jakarta:Universitas Indraprasta PGRI

Walgito,B.(1991).Psikologi Sosial (Suatu Pengantar).Edisi Revisi.Yogyakarta:Andy Offset

Wibowo,A.(2011).pendidikan Kewirausahaan(Konsep dan Strategi).Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Widdiharto,R.(2004).Model-model Pembelajaran Matematika SMP,Yogyakarta:Dirjen Dikdasmen PPPG Matematika.

Winataputra (1993).Model Pembelajaran Terpadu.Jakarta:Bumi Aksara

INTERNET :

Suherman,E.(2005).Model dan Pembelajaran berorientasi kompetensi Siswa (online).Tersedia.http://educate.e-fkipunla.net/ (5 Juli 2008).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i1.14413

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Suryatin Suryatin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.