Pengaruh Persepsi Atas Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Smp Negeri Di Kota Depok
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh persepsi atas strategi pembelajaran dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Kota Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik korelasional regresi linier berganda dengan jumlah sampel 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas strategi pembelajaran dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 43,345. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,490. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig 0,001 < 0,05 dan thitung = 3,685.
Full Text:
PDFReferences
Abu,A (1991).Psikologi Belajar.Jakarta:Rinerka Cipta
Arikunto,S.(2009).Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta;Bumi Aksara.
Chaplin (1999).Kamus Lengkap Psikologi.Jakarta;Rajawali Press.
Depdiknas Republik Indonesia.(2003).Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta.
Depdiknas.(2002).Kamus Bahasa Indonesia.Edisi ke-3,Cetakan ke dua.Jakarta:Balai Pustaka
Devidoff,L.L (1988).Psikologi Suatu Pengantar.Jakarta:Erlangga
Djamarah,S.B., & Zain,A.(2002).Strategi Belajar Mengajar.Jakarta:Rineka Cipta
Fathurrohman,P.(2001). Strategi Belajar mengajar.Bandung: PT.Refika Aditama
Hasnunidah,N.(2017).Analisis Data Statistika dan Penelitian.Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Istarani (2011). Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran).Medan : Media Persada.
Margono,S.(2003).Metodologi Penelitian Pendidikan.Jakarta:Rineka Cipta
Nasution,S.(2007).Methode Research.Jakarta:Bumi Aksara
Purwanto.N.(2004) Psikologi Pendidikan .Bandung:Remaja Rosdakarya
Rofa'ah (2016).Pentingnya kompetensi Guru dalam kegiatan pembelajaran dalam perspektif Islam.Yigyakarts:Deepubliss
Ruch.F.L.(1987).Psychology and Life.Atlanta:Foresman
Rusman.(2012).Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru abad 21.Bandung:Alfabeta.
Setiawan,W.(2009).Pembelajaran Aktif,Kreatif,Efektif dan Menyenangkan untuk Guru SD.Jakarta:PPPPTK IPA.
Singarimbun,M & Effendi,(2008).Metode Penelitian Survei,Jakarta:LP3ES
Slameto.(2003).Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta:Rineka Cipta
Slameto.(2010).Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta
Sodiqin,A.,& Badruzaman.(2004).Metode Studi Islam Bandung:Tunas
Sudjana,N (2009).Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung:PT Remaja Rosda Karya
Sudjana.N.(2005).Metode Statistik.Bandung:Penerbit Tarsito
Sugiyanto (2009).Model-model Pembelajaran Inovatif.Surakarta:Panitia Sertifikasi Guru (PSG)Rayon 13
Sugiono.(2007).Metode Penelitian Pendidikan Bandung:Alfabeta
Sumantri,M.,& Permana,J.(2001).Strategi Belajar Mengajar.Bandung.CV.Maulana
Suprihatiningrum,J.(2013).Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi.Jogyakarta:Ar-Ruzz Media
Supriyono.(2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.Yogyakarta:Pustaka Belajar
Suryabrata,S.(2003).Psikologi Pendidikan.Jakarta:Rajawali Press
Suryanto & Jihad.(2013).Menjadi Guru Profesional (Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas guru di Era Global).Jakarta:Esensi Erlangga Group
Syah,M.(2008).Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.Bandung:PT.Remaja Rosdakarya.
Tim Penyusun.(2009).Buku Panduan Penulisan Tesis.Jakarta:Unindra-PGRI
Trianto (2010).Model Pembelajaran Terpadu,Konsef,Strategi dan Implementasinya dalam KTSP,Jakarta:Bumi Aksara
Unindra.(2010).Buku Panduan Penulisan Tesis Program Pascasarjana.Jakarta:Universitas Indraprasta PGRI
Walgito,B.(1991).Psikologi Sosial (Suatu Pengantar).Edisi Revisi.Yogyakarta:Andy Offset
Wibowo,A.(2011).pendidikan Kewirausahaan(Konsep dan Strategi).Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Widdiharto,R.(2004).Model-model Pembelajaran Matematika SMP,Yogyakarta:Dirjen Dikdasmen PPPG Matematika.
Winataputra (1993).Model Pembelajaran Terpadu.Jakarta:Bumi Aksara
INTERNET :
Suherman,E.(2005).Model dan Pembelajaran berorientasi kompetensi Siswa (online).Tersedia.http://educate.e-fkipunla.net/ (5 Juli 2008).
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i1.14413
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Suryatin Suryatin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |