Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Sikap Belajar Terhadap Prestasi Belajar Sejarah
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. (2000). Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Liberty.
Djamarah, S.B. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Efendi, Agus. (2005). Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Firmansyah, I. (2010). Pengaruh Tingkat Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Triguna Utama Ciputat. Skripsi. Jakarta: Tidak Diterbitkan.
Ginanjar, Ary. (2007). ESQ Emotional Spiritual Quotient. Jakarta: Arga publishing.
Gunawan. (2018). Sejarah Dan Perkembangan Pondok Pesantren Al Baqiyatush Shalihat Kuala Tungkal Tanjung Jabung Barat Tahun 1994-2017. Jambi: UIN Jambi.
Hamid, Abd. Rahman. (2014). Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Hidayat, A. (2017). Konsep Diri dan Kecemasan Mahasiswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Bisnis Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Gammath, 2(1), 55-66.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2022, 20 April). Pengertian Pendidikan. Diakses dari https://kbbi.web.id/pendidikan
Kartono, K. (2002). Hygiene Mental. Jakarta: CV. Mandar Maju.
Kurniawan, Hendra. (2018). Literasi dalam Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Mawardi. (2019). “Rambu-rambu Penyusunan Skala Sikap Model Likert Untuk Mengukur Sikap Siswa”. “Scholaria Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan”, Vol 9 No 3 September 2019, 293.
Rahmawati dan A. Nugraha. (2011). “Strategi Perkembangan Sosial Emosional,” dalam Riana Mashar, eds. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Cet. II. Jakarta: Kencana, 2011.
Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. (2009). Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.
Rohmah, M.; Rohman, N.; Utami, A. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Sifat-Sifat Bangun Datar Kelas VII MTs Al-Hidayah Lajo Kidul Tahun Pelajaran 2019/2020. ed 2020, 2, 1-12.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sarwono,W, Sartilo. (2013). Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo.
Setyanto, Budi. (2009). Pembelajaran Sejarah Model Jigsaw di SMA Negeri 1 Ngrambe Kabupaten Ngawi. Diakses dari http://library.uns.ac.id/e-journal/ pada pukul 21.00 WIB tanggal 7 April 2022.
Sudjana. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sukarmin. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Gentungang Kecamatan Bajen Barat Kabupaten Gowa. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Susanto, Heri. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah (Isu, Gagasan, dan Strategi Pembelajaran). Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prestasi pustaka.
Yamin, Martinis. (2004). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.
Yuzarion. (2017). “Faktor Yang Mempengaruhi Pretasi Belajar Peserta Didik”. Jurnal Ilmu Pendidikan.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i1.14372
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ibnu Kresnajaya, Dasmo Dasmo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |