Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Sikap Belajar Terhadap Prestasi Belajar Sejarah

Ibnu Kresnajaya(1*), Dasmo Dasmo(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel kecerdasan emosional dan sikap belajar terhadap prestasi belajar sejarah, baik secara bersama-sama maupun secara individu. Metode penelitian yang digunakan adalah survey, dengan jumlah sampel 70 orang dari SMA Negeri di Kota Depok. Pengumpulan data menggunakan angket yang telah di validasi dan hasil nilai tes uji pelajaran Sejarah. Analisis menggunakan teknik regresi ganda, dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional dan sikap belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sejarah Siswa SMA di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhn= 25,186. Secara bersama-sama kecerdasan emosional dan sikap belajar memberikan kontribusi sebesar 42,9 % terhadap variabel prestasi belajar Sejarah. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Sejarah Siswa SMA Negeri di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,005 dan th = 4,365. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan sikap belajar terhadap prestasi belajar Sejarah Siswa SMA di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,005 dan th = 4,646.

Keywords


Kecerdasan emosional; sikap belajar; prestasi belajar sejarah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. (2000). Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Liberty.

Djamarah, S.B. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Efendi, Agus. (2005). Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Firmansyah, I. (2010). Pengaruh Tingkat Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Triguna Utama Ciputat. Skripsi. Jakarta: Tidak Diterbitkan.

Ginanjar, Ary. (2007). ESQ Emotional Spiritual Quotient. Jakarta: Arga publishing.

Gunawan. (2018). Sejarah Dan Perkembangan Pondok Pesantren Al Baqiyatush Shalihat Kuala Tungkal Tanjung Jabung Barat Tahun 1994-2017. Jambi: UIN Jambi.

Hamid, Abd. Rahman. (2014). Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Hidayat, A. (2017). Konsep Diri dan Kecemasan Mahasiswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Bisnis Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Gammath, 2(1), 55-66.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2022, 20 April). Pengertian Pendidikan. Diakses dari https://kbbi.web.id/pendidikan

Kartono, K. (2002). Hygiene Mental. Jakarta: CV. Mandar Maju.

Kurniawan, Hendra. (2018). Literasi dalam Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Mawardi. (2019). “Rambu-rambu Penyusunan Skala Sikap Model Likert Untuk Mengukur Sikap Siswa”. “Scholaria Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan”, Vol 9 No 3 September 2019, 293.

Rahmawati dan A. Nugraha. (2011). “Strategi Perkembangan Sosial Emosional,” dalam Riana Mashar, eds. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Cet. II. Jakarta: Kencana, 2011.

Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. (2009). Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Rohmah, M.; Rohman, N.; Utami, A. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Sifat-Sifat Bangun Datar Kelas VII MTs Al-Hidayah Lajo Kidul Tahun Pelajaran 2019/2020. ed 2020, 2, 1-12.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sarwono,W, Sartilo. (2013). Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo.

Setyanto, Budi. (2009). Pembelajaran Sejarah Model Jigsaw di SMA Negeri 1 Ngrambe Kabupaten Ngawi. Diakses dari http://library.uns.ac.id/e-journal/ pada pukul 21.00 WIB tanggal 7 April 2022.

Sudjana. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sukarmin. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Gentungang Kecamatan Bajen Barat Kabupaten Gowa. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Susanto, Heri. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah (Isu, Gagasan, dan Strategi Pembelajaran). Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prestasi pustaka.

Yamin, Martinis. (2004). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yuzarion. (2017). “Faktor Yang Mempengaruhi Pretasi Belajar Peserta Didik”. Jurnal Ilmu Pendidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i1.14372

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ibnu Kresnajaya, Dasmo Dasmo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.