Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran Daring Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Keberhasilan proses pembelajaran daring pada masa pandemi tidak terlepas dari berbagai faktor, diantaranya yaitu persepsi atas media pembelajaran daring dan kemandirian belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi atas media pembelajaran daring dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial (2) pengaruh persepsi atas media pembelajaran daring terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial (3) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Penelitian mempergunakan metode survei dengan populasi siswa SMP Swasta di kabupaten Bogor dan melalui teknik proportional sampling diperoleh sampel sebesar 81 siswa. Teknik analisis regresi digunakan untuk analisis data dengan menggunankan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran daring dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial (2) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran daring terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial (3) terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Pers.
Asnawir dan Usman, M. (2002). Basyiruddin. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pres.
Azkiya, Ferdi (2021). Panduan Menggunakan Zoom Anti Bingung. Surabaya: Inoffast Publishing.
Azwar, Saifuddin. (2010). Metode Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Firmansyah, M,A. (2018). Perilaku Konsumen Sikap dan Pemasaran. Sleman. Deepublish
Hamalik, O. (2010). Media pendidikan. Bandung: Penerbit Alumni.
Hidayat, A,A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian Dan Uji Validitas Reliabilitas. Surabaya: Health Books Publishing.
Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Latipah, E. (2012). Pengantar Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pedagogia.
Ngabidin, (2021). Pembelajaran dimasa pandemi, inovasi tiada henti. Yogjakarta: Deepublish
Niswarni. (2010).Metode Angket. Jakarta: Rineka Cipta.
Retnowati. (2021). Pola komunikasi dan kemandirian anak. Yogjakarta: Mevlana Publishing
Siregar, J. (2020). Pengembangan Pendidikan IPS. Jakarta: Unindra Press.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Suardi, M. (2018) Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish
Suciati. (2016). Kiat sukses melalui kecerdasan emosional dan kemandirian belajar. Bandung: CV Rasi Terbit.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suprayitno, A. dan Wahyudi, W. (2020) Pendidikan karakter di era milenial. Sleman: Deepublish
Tarjo, (2019). Metode Penelitian. Yogjakarta: Deepublish.
Unaradja, D.D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atmajaya.
Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Yuliani, M. (2020). Pembelajaran daring untuk pendidikan (Teori Dan Penerapan). Yayasan kita menulis
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i3.12603
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ahmad Burhani, Sumaryoto, Sumaryati Tjitro Sumarto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |