Pengaruh Motivasi Belajar dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh motivasi belajar dan kecerdasan interpersonal secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Tangerang Selatan. Penelitian dilakukan dengan metode survei. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri di Tangerang Selatan dengan besar sampel sebanyak 60 siswa, dengan menggunakan analisis regresi ganda. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner. Analisis data menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Motivasi Belajar dan Kecerdasan Interpersonal secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Negeri di Tangerang Selatan; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Negeri di Tangerang Selatan; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan Kecerdasan Interpersonal terhadap Prestasi Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Negeri di Tangerang Selatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, S. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Alaby, M.A. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar IPS (Survey di SMPN Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan). Diakses dari http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id
Alwi, H. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka
Arikunto, S. 1998. Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2001). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. : Rineka Cipta.
Binjay, S. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar IPS Materi Semester Ganjil Kelas Viii Pada Smp S Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan. (Tesis) : Universitas Indraprasta PGRI
Chaplin, J.P. (2000). Kamus Lengkap Psikologi (Terjemahan.Kartono, K). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.Firman
Departemen Pendidikan Nasional, Permendiknas No. 23/2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan
Departemen Pendidikan Nasional, Rencana Strategi Pendidikan 2005-2009
Djamarah, S.Bahri. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta:Rineka Cipta
Effendi, dan Singarimbun, M. (2003). Metode Penelitian Survey. Jakarta: Pustaka LP3ES. Gardner, Howard,19
Hamalik, O. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Lembaga Negara Republik Indonesia, (2004). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS. Jakarta
Lwin, M. (2008). How To Multiply Your Childs Intelligence. Jakarta : PT Indeks
Lwin, M. dkk. (2004). Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Jakarta : PT. Indeks.
Moh. Nazir. (1988). Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia I
Mustaqim dan Wahib, A. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Mutakin, T.Z, Hasbullah dan Suryana, A. (2019). Tuntunan Praktis Pengolahan Data Penelitian Dengan Bantuan Program Statistical Package For The Social Siences. Tangerang : Pustaka Mandiri
Nasution, S. (2002). Buku Penuntun Membuat Skripsi, Desertasi, Makalah. Jakarta : Bumi Aksara
Poerwadarminta WJS. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Prof. Dr. S. Nasution, M.A. (2007). Metode Research. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Riduwan. (2005). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Risan. (2010). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar IPS SMP Negeri di Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan. (Tesis) : Universitas Indraprasta PGRI
Sapriya. (2008). Konsep dasar ips. Bandung : CV Yasindo Multi Aspek.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Sudijono, A. (2001). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawalipers
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. (2008) Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2001). Metode Penilaian. Bandung: Alfabeta.
Surakhmad. (1994). Metodologi Research Dasar, Metode Dan Teknik. Bandung : Tarsito
UUD 1945. (1999). Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 1945 dan Amandemen. Bandung: Pustaka Setia
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i1.12541
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Fitri Mutiara Ramadhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |