Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Akuntansi

Sarah Diah Hartanti(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh lingkungan keluarga dan teman sebaya terhadap motivasi belajar akuntansi (2) pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar akuntansi (3) pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar akuntansi. Metode yang dipergunakan adalah survey. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitaif dengan analisis regresi ganda. Penelitian dilaksanakan pada siswa SMK Swasta di Jakarta Selatan pada tahun ajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 53 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel adalah stratified random sampling proporsional. Analisis data diolah menggunakan SPSS 20. Instrumen yang dipergunakan dalam bentuk angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga dan teman sebaya terhadap motivasi belajar akuntansi (2) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar akuntansi (3) terdapat pengaruh yang signifikan teman sebaya terhadap motivasi belajar akuntansi.


Keywords


Lingkungan keluarga; teman sebaya; dan motivasi belajar akuntansi

Full Text:

PDF

References


Ali, M & Mohammad, A. (2012). Psikologi remaja. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Ali, M. S & Maman, A. (2007). Analisis korelasi, regresi dan jalur dalam penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia

Anas, S. (2007). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada

Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S & Supardi. (2012). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dalyono, M. (2009). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Desmita. (2005). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Desmita. (2010). Psikologi perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosda karya

Desmita. (2014). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Elizabeth B. H. (2005). Perkembangan anak. Jakarta: Erlangga

Friedman, M. (2010). Buku ajar keperawatan keluarga riset, teori, dan praktek. edisi ke-5. Jakarta: EGC.

Gunarso, D. S. (2000). Psikologi praktis anak, remaja dan keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia

Hadi, S. (2003). Metode reseach. Yogyakarta: YPEP UGM

Hamalik O. (2003). Proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Hasbullah. (2003). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Ihsan, F. (2003). Dasar-dasar pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

J. Supranto, M. A. (2000). Statistik teori dan aplikasi jilid 1, edisi keenem. Jakarta: Erlangga

Lestari, S. (2012). Psikologi keluarga penanaman nilai dan penaganan konflik dalam keluarga. Jakarta: PT Kencana Prenada Media Group

Maryanti & Rosmini. (2007). Keluarga bercerai dan intensitas interaksi anak terhadap orang tuanya. USU: Jurnal Harmoni Sosial Volume I, No. 2

Nasution. (2003). Metode penelitian naturalistik kualitatif. Bandung: Tarsito

Purwanto, N. (2003). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Purwanto, N. (2004). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Riduwan. (2005). Belajar mudah untuk guru, karyawan dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta

Sadulloh, U. (2010). Pedagogik ilmu mendidik. Bandung: Alfabeta

Santrock, J. W. (2003). Adolesence perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga

Santrock, J. W. (2008). Psikologi pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sardiman. (2006). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT. Persada Raja Grafindo

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana. (2005). Metode statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. (2001). Metode penelitian. Bandung: CV Alfa Beta

Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2012). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metodelogi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kombinasi (mix methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sobur, A. (2003). Psikologi umum dalam lintas sejarah. Bandung: Pustaka Setia

Supardi, I. (2003). Lingkungan hidup dan kelestariannya. Bandung: PT. Alumni

Sobry, S. (2007). Rahasia sukses belajar dan mendidik anak teori dan praktek. Mataram NTB: NTP Press

Syah, M. (2013). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Tirtahardja, U. L. S. (2000). Pengantar pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Vembriarto. (2003). Sosiologi pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana

Wahyuni, E. N. (2009). Motivasi dalam pembelajaran. Malang: UIN-Malang press

Winardi. (2002). Manajemen perilaku organisasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti

Wlodkowski, R. J & Judith H. J. (2004). Hasrat untuk belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Uno, H. B. (2007). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v5i3.12510

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sarah Diah Hartanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.