Pengaruh Konsep Diri Dan Regulasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar ekonomi bisnis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei korelasional. Populasi sampel penelitian ini diambil dari terjangkau dengan teknik simple random sampling, sebanyak 84 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen angket; untuk mengukur variabel konsep diri dan regulasi diri, serta instrumen tes untuk mengukur prestasi akademik ekonomi bisnis. Setelah dilakukan pengujian, ketiga instrumen tersebut valid dan reliabel, sehingga layak digunakan untuk penelitian selanjutnya. Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif dan dilakukan pengujian yang meliputi uji persyaratan analisis normalitas dan uji linieritas sehingga analisis selanjutnya menggunakan statistik parametrik. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, begitu juga dengan uji linieritas regresi menunjukkan bahwa regresi berbentuk linier. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa konsep diri mahasiswa memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar ekonomi bisnis, regulasi diri memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar ekonomi bisnis dan konsep diri dan regulasi diri juga memiliki pengaruh yang signifikan. hubungannya dengan prestasi akademik mahasiswa ekonomi bisnis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akdon, Riduwan. (2007). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. (2001). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Aqil, Deden, I. (2017). Pengaruh Konsep Diri dan Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Belajar IPA di SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 2, 97.
Astuti, E. S., & Resminingsih. (2008). Pelayanan Konseling pada Satuan Pendidikan Menengah. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Chandra, T. (2007). Who Am I As A Parent. Jakarta: PT. Ilmu Serambi Semesta.
Darmadi, H. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Domjan, M. (2014). The Principles of Learning and Behavior. USA: Cengage Learning.
Fatmawati, E. (2015). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan, Gaya Belajar, dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 1, 43.
Gendolla, G. H. E & Tops, M. (2015). Handbook of Biobehavioral Approaches to Self-regulation. New York: Springer Science+Business Media.
Hakim, T. (2004). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.
Hamdi, A. S. & E. Baharuddin. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.
Hasanuddin. (2017). BIOPSIKOLOGI PEMBELAJARAN?Teori dan Aplikasi. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.
Kristiyani, T. (2016). Self-Regulated Learning. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v5i2.11853
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rabella Tria Pardosi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |