Persepsi atas Pendekatan Pembelajaran dan Minat Berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada MTs Swasta di Kota Bogor

Rosnawati Rosnawati(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Yulinda Siregar(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui; Persepsi Pendekatan Pembelajaran dan Minat secara bersama-sama berpengaruh terhadap Prestasi Belajar IPS peserta didik MTs swasta di Kota Bogor. Persepsi Pendekatan Pembelajaran berpengaruh terhadap Prestasi Belajar IPS peserta didik MTs swasta di kota Bogor. Minat berpengaruh terhadap Prestasi Belajar IPS peseta didik MTs swasta di Kota Bogor. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik MTsS Al Ahsan, MTsS Tarbiyatusshibyan dan MTsS Al Hamidy di Kota Bogor peserta didik yang di teliti berjumlah 604. Sampel dalam penelitian ini di pilih secara acak yaitu 60 peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan teknik korelasional. Hasil penelitian menunjukkan. Persepsi Pendekatan Pembelajaran dan Minat secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar IPS peserta didik MTs Swasta di Kota Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.= 0,00<0,05 dan Fhitung = 26.540. Persepsi Pendekatan Pembelajaran ada pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik MTs swasta di Kota Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.0,00<0,05 dan thitung = 4,115. Minat ada pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa MTs swasta di Kota Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.= 0,00<0,05 dan thitung= 5,565


Keywords


Pendekatan Pembelajaran, Minat, Prestasi Belajar; IPS

Full Text:

PDF

References


Abu, Ahmadi. (2009). Psikologi Umum. Jakarta: Rieka Cipta.

Agus Wibowo. (2013). Managemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

_____________ . (2012). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Arifin, Zainal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi.(2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya

Azwar, S.(2001). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Busrah, M. (2012). Pembelajaran Deduktif pada Pembelajaran Alkana. Sulawesi Selatan: Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP).

Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah Syaiful Bahri. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Dzulfahmi. (2020). Persepsi. Yogyakarta: Psikologi Corner.

Eveline Siregar dan Hartini Nara. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Fachruddin, Imam. (2009). Desain penelitian. Malang: Universitas IslamNegeri.

Komalasari, Kokom. (2013). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Refika Aditama

Lefudi. (2017). Belajar dan pembelajaran .Yogyakarta: Defublish

Miftah, Toha. (2003). Perilaku organisasi konsep dasar dan aplikasinya. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Noman, Somantri. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahmat, Jalaluddin. (2007). Psikologi Komunikasi. Bandung : Rosdakarya.

_______________ (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.

Rianto, Milan. (2006). Pendekatan, strategi dan metode pembelajaran. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Sagala, Syaiful. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: Rosda Karya.

Sarwono.(2007). Psikologi Remaja. Jakarta; Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna. (2012) StatistikaUntuk Penelitian. Yogyakarta; Graha ilmu.

Sumantri, Numan. (2001). Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung : Rosda Karya.

Supardi, D. (2016). Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

________. (2011). Dasar-Dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Syah. (2003). Minat Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Twentinio, Irenes. (2013). Persepsi Pelanggan Terhadap Pengguna Speedy Jaringan Broad Band Readr. Palembang: Polsri.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i1.11042

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rosnawati Rosna Rosnawati, Sumaryoto, Yulinda Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.