Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Suraida Suraida(1*), Mamik Suendarti(2), Hasbullah Hasbullah(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perhatian orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa SMP swasta di kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey korelasional. Sampel diambil sebanyak 66 orang siswa yang diambil secara acak sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan test dan penyebaran angket langsung kepada sampel. Analisis data menggunakan statistika deskriptif seperti mencari mean, median, modus, standar deviasi, dan statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian Orang tua dan motivasi belajar bersama-sama terhadap Prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial survey melalui angket dan test pada SMP Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000<0,05 dan Fhitung=28,471. 2) Terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar IPS survey melaui angket pernyataan siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan ditunjukkan nilai Sig = 0,000< 0,05  dan thitung = 4,363. 3)Terdapat pengaruh motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,013< 0,05 dan thitung = 2,562

Keywords


Parental attention, motivation to learn, learning achievement of studying the social science

Full Text:

PDF

References


Djamarah, Saiful Bahri. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Hadi,Sutrisno.2004, Metodologi research.Yogyakarta. BPFE.

Hamalik Oemar.2010.Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Masri, Singarimbun dan effendi, Sofian.2008. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Pustaka LP3ES

Rachmatul. 2012. Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.

Safari,MA.2005. Teknik Analisis Butir Soal Instrument tes dan nontest. Jakarta:APSI

Sasmoko.2004.Metode Penelitian. Jakarta: UKI Press

Setiaji, Bambang. 2004. Riset dengan Pendekatan kuantitatif. Zsurakarta “ Universitas Muhammadiyah

Siregar,Julinda,Dr, M.Pd. Pengembangan Pendidikan IP. Jakarta:Unindra Press

Slameto.2010. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi edisi:revisi. Yogyakarta: RinekaCipta

Soemanto,W.(2006). Psikologi pendidikan landasan kerja pemimpin, Jakarta:PT Rineka Cipta

Soeparwoto.(2007). Psikologi perkembangan. Semarang: UPT MKK UNNES

Solikodin Djaelani, Mohammad, dkk. 2015. Dasar-Dasar Kependiddikan. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Suprijono,A. (2009).Cooperating learning:Teori dan operasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Belajar

Walgito,B (2002).Pengantar psikologi umum.Yogyakarta: Andi Offset

Yamin,M.(2007).Kiat membelajarkan siswa.Jakarta:Gaung Persada press




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v5i1.10992

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Suraida Suraida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.