Persepsi atas Kecerdasan Intelektual dan Motivasi Belajar Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Survei pada SMA Negeri di Jakarta Selatan
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Persepsi Atas Kecedersan Intelektual terhadap prestasi belajar sejarah. 2) Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar sejarah. 3) Persepsi Atas Kecerdasan Kecerdasan Intelektual dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan Kuantitatif, pendekatan korelasional dan regresi linier berganda. dengan sampel berjumlah 90 siswa yang diambil dengan proporsional cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1).Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi atas kecerdasan intelektual dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMA Negeri di Jakarta Selatan, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 23,014. 2). Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Atas kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMA Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 3,977. 3).Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMA Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig = 0,013 < 0,05 dan thitung = 2,529.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
B.Uno, Hamzah. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati & Mudjiyono.(2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Hal.200
Hamalik.O. (2012). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Fathurohman, M & Sulistyorini, (2012) Belajar dan Pembelajaran,Yogyakarta : Teras
Muhibbin, S. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Purwanto, N (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Slameto.(2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pedidikan. Jakarta; Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Supardi US. 2012. Aplikasi Statstik Dalam Penelitian. Jakarta: Ufuk press.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v5i1.10919
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Agus Budiharta, Sumaryoto Sumaryoto, Mamik Suendarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |