Persepsi atas Kecerdasan Intelektual dan Motivasi Belajar Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Survei pada SMA Negeri di Jakarta Selatan

Agus Budiharta(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Mamik Suendarti(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Persepsi Atas Kecedersan Intelektual terhadap prestasi belajar sejarah. 2) Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar sejarah. 3) Persepsi Atas Kecerdasan Kecerdasan Intelektual dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan Kuantitatif, pendekatan korelasional dan regresi linier berganda. dengan sampel berjumlah 90 siswa yang diambil dengan proporsional cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1).Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi atas kecerdasan intelektual dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMA Negeri di Jakarta Selatan, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 23,014. 2). Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Atas kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMA Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 3,977. 3).Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMA Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig = 0,013 < 0,05 dan thitung = 2,529.


Keywords


Kecerdasan Intelektual; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


B.Uno, Hamzah. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati & Mudjiyono.(2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Hal.200

Hamalik.O. (2012). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Fathurohman, M & Sulistyorini, (2012) Belajar dan Pembelajaran,Yogyakarta : Teras

Muhibbin, S. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Purwanto, N (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Slameto.(2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pedidikan. Jakarta; Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supardi US. 2012. Aplikasi Statstik Dalam Penelitian. Jakarta: Ufuk press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v5i1.10919

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Agus Budiharta, Sumaryoto Sumaryoto, Mamik Suendarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.