Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Kreativitas Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Survei Pada SMP Negeri Jakarta Timur)
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh Kepercayaan Diri dan Kreativitas terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel diambil sebanyak 60 peserta didik dengan teknik acak sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket langsung kepada sampel. Analisis data menggunakan statistika deskriptif seperti mencari mean, median, standar deviasi, dan statistika inferensial yaitu untuk mencari analisis regresi berganda dan dilanjutkan dengan uji signifikansi simultan dan parsial. Hasil penelitian menunjukan Terdapat pengaruh yang signifikan Kepercayaan Diri dan Kreativitas secara bersama-sama terhadap Prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.0,000<0,05 dan Fhitung= 45,189. Secara bersama-sama variabel Kepercayaan Diri dan Kreativitas memberikan kontribusi sebesar 61,3% kepada variabel prestasi belajar IPS. Terdapat pengaruh yang signifikan Kepercayaan Diri terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Dibuktikan dengan perolehan nilai Sig0,000<0,05 dan thitung= 4,273. kontribusi Kepercayaan Diri dalam meningkatkan prestasi belajar IPS adalah sebesar 27,6%. Terdapat pengaruh yang signifikan Kreativitas terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.0,000<0,05 dan thitung= 4,954. Kontribusi Kreativitas siswa dalam meningkatkan prestasi belajar IPS adalah sebesar 33,7%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, S.I (2016). Aplikasi komputer dalam penyusunan karya ilmiah. Tangerang: Pustaka Mandiri.
Arikunto, S. (2005). Dasar-dasar, evaluasi pendidikan ,Jakarta; Bumi Aksara.
------------(2002). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Boulden, G.P.(2006). Mengembang kan kreativitas anda. Trrj. Ferdinan Fuad. Yogkyakarta: Dolphin book.
Chaplin, J.P. (2000). Kamus lengkap psikologi, terj. Kartini Kartono, Jakarta: Raja Grafindo.
Curtis, D.B. (2005). Komunikasi bisnis dan profesional, Terjemahan Nanan Kandagasari. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Davies, P (2004). Meningkatkan rasa percaya diri. Yogyakarta : Torrent Books.
Djamarah, S.B. (2002). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dryden, G., & Vos, J. (2000). Revolusi cara belajar, Terjemahan Ahmad Baiquni, Bandung : Kaifa.
Hakim, T. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta : Puspa Suara Swara
Hurlock, E.B. (2001). Perkembangan anak, Jilid 2. Jakarta Erlangga
Irwanto, (2002) . Psikologi umum. Jakarta : Prenhallindo.
Iswidarmajaya, P., & Agung, G. (2004). Satu hari menjadi lebih percaya diri. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Lauster, P. (2002). Tes kepribadian. Jakarta: Gaya Media Pratama
Mulyana, D.(2001). Ilmu komunikasi sebagai suatu pengantar. Bandung PT. Remaja Rosdakarya.
Munandar, U.( 2009). Pengembanga kreativitas anak berbakat, Jakarta:
PT. Rineka Cipta.
Nasution. S. (1995). Didaktik azas-azas mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.
Numan S (2001). Menggagas Pemba haruan Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Prasetyo, B. (2006). Metode penelitian kuwantitatif: Teori dan aplikasi.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Rakhmat, J.( 2003). Psikologi komunikasi. Bandmg: Rosda Karya.
Robbins, S.P.(2006). Perilaku organisasi. Terjemahan: Benyamin Molan. Jakarta: Indeks.
Sardiman, A.M. (2005). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Graindo Persada
Semiawan, C.R (2009). Kreativitas keberbakatan, Jakarta : PT. indek.
Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi nya. Jakarta Rineka Cipta.
Solomon, M. R. (2004). Constumer behavior: Buying, having and being. USA: Prentice Hall.
Sudjana. (2005). Metode statistika. Bandmg: Tarsito.
Sujanto, A. (2004). Psikologi kepribadian. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Syah, M. (2008). Psikologi pendidikan, suatu pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosda Karya
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v4i3.10913
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 farkhati farkhati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |