Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa SMP Negeri Di Jakarta Barat
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh kebiasaan belajar dan status social ekonomi orangtua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS pada SMP Negeri Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metoda survei deskriptif dengan teknik regresi linear berganda, yaitu suatu metoda penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 3 kelas dari 3 sekolah yaitu SMP Negeri 190, SMP Negeri 224, dan SMP Negeri 278 Jakarta Barat. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar dan status social ekonomi orangtua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS pada SMP Negeri Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung =11,270. Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig 0,019 < 0,05 dan thitung = 2,415. Terdapat pengaruh yang signifikan status social ekonomi orangtua terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,037 < 0,05 dan thitung = 2,134.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A. (2009). Psikologi umum. Jakarta: PT RinekaCipta.
Anang, S.R (2011).Kedudukan keluarga sangat startegis dalam mendidik anak anaknya., Bandung CV:PustakaSetia
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: RinekaCipta.
Chaplin, J.P. (2000). Kamus lengkap psikologi, terj. Kartini Kartono, Jakarta:Raja Grafindo.
Dalyono. (2007). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: Ar- ruzz Media.
Hamalik, (2004). Proses belajar mengajar. Jakarta: BumiAksara.
Kartono, K. (2003). Sistem pendidikan nasional. Jakarta : PT. Pradnya Paramita.
_________ (2006). Perilaku manusia, Jakarta: ISBN
Muhiddin., & Abdurrahman. (2007). Analisis, korelasi, regresi dan Jalur penelitian. Bandung CV: Pustaka Setia.
Nasution, S. (2000). Cara membentuk pribadi. Surabaya: Bintang Remaja.
Numan, S. (2001) Menggagas pembaharuan pendidikan IPS. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
Riana. (2011).. Kedudukan keluarga Sangat Startegis dalam mendidik anak- anaknya. Bandung CV. Pustaka Setia
Ridwan, (2009). Belajar mudah penelitian untuk guru dan karyawan dan peneliti
pemula, Bandung: Alfabeta.
Safari. (2008). Teknik analisis butir soal intrumen tes dan non-tes. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta
Saroni, M. (2006). Manajemen sekolah kita menjadi pendidik yang kompeten. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soerjono, S. (2000). Sosiologi suatu pengantar. Jakarta,PT Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2010). Statistik untuk penelitian. Bandung Alfabeta.
Sudjana, N. (2006). Proses belajar mengajar. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Soetjiningsih. (2004). Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Yogyakarta, Pustaka Pelajar
Suryabrata, S. (2007). Psikologi pendidikan (Suatu pengajaran secara
operasional. Yogyakarta: Rake Press.
Soekanto, S. (2000). Sosiologi suatu pengantar. Jakarta: PT Gramedia PustakaUtama.
Supardi. (2011). Dasar-dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Ombak.
Suwarma, A.M. (2007). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan). Bandung: PT Imperial Bhakti Utama.
Syah, M. (2010). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Rosda Karya.
Tirtaraharja., & La. S. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT RinekaCipta.
Winkel, WS. (2005). Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Media Abad
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v5i1.10869
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Hendri Simanjutak, Sumaryoto Sumaryoto, Soeparlan Kasyadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |