Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa SMP Negeri Di Jakarta Barat

Hendri Simanjutak(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Soeparlan Kasyadi(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh kebiasaan belajar dan status social ekonomi orangtua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS pada SMP Negeri Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metoda survei deskriptif dengan teknik regresi linear berganda, yaitu suatu metoda penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 3 kelas dari 3 sekolah yaitu SMP Negeri 190, SMP Negeri 224, dan SMP Negeri 278 Jakarta Barat. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar dan status social ekonomi orangtua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS pada SMP Negeri Jakarta Barat.  Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung =11,270. Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig 0,019 < 0,05 dan thitung = 2,415. Terdapat pengaruh yang signifikan status social ekonomi orangtua terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,037 < 0,05 dan  thitung = 2,134.


Keywords


Kebiasaan belajar, Status social ekonomi orangtua, Prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. (2009). Psikologi umum. Jakarta: PT RinekaCipta.

Anang, S.R (2011).Kedudukan keluarga sangat startegis dalam mendidik anak anaknya., Bandung CV:PustakaSetia

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: RinekaCipta.

Chaplin, J.P. (2000). Kamus lengkap psikologi, terj. Kartini Kartono, Jakarta:Raja Grafindo.

Dalyono. (2007). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: Ar- ruzz Media.

Hamalik, (2004). Proses belajar mengajar. Jakarta: BumiAksara.

Kartono, K. (2003). Sistem pendidikan nasional. Jakarta : PT. Pradnya Paramita.

_________ (2006). Perilaku manusia, Jakarta: ISBN

Muhiddin., & Abdurrahman. (2007). Analisis, korelasi, regresi dan Jalur penelitian. Bandung CV: Pustaka Setia.

Nasution, S. (2000). Cara membentuk pribadi. Surabaya: Bintang Remaja.

Numan, S. (2001) Menggagas pembaharuan pendidikan IPS. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Riana. (2011).. Kedudukan keluarga Sangat Startegis dalam mendidik anak- anaknya. Bandung CV. Pustaka Setia

Ridwan, (2009). Belajar mudah penelitian untuk guru dan karyawan dan peneliti

pemula, Bandung: Alfabeta.

Safari. (2008). Teknik analisis butir soal intrumen tes dan non-tes. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta

Saroni, M. (2006). Manajemen sekolah kita menjadi pendidik yang kompeten. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soerjono, S. (2000). Sosiologi suatu pengantar. Jakarta,PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2010). Statistik untuk penelitian. Bandung Alfabeta.

Sudjana, N. (2006). Proses belajar mengajar. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Soetjiningsih. (2004). Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Yogyakarta, Pustaka Pelajar

Suryabrata, S. (2007). Psikologi pendidikan (Suatu pengajaran secara

operasional. Yogyakarta: Rake Press.

Soekanto, S. (2000). Sosiologi suatu pengantar. Jakarta: PT Gramedia PustakaUtama.

Supardi. (2011). Dasar-dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Ombak.

Suwarma, A.M. (2007). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan). Bandung: PT Imperial Bhakti Utama.

Syah, M. (2010). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Rosda Karya.

Tirtaraharja., & La. S. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT RinekaCipta.

Winkel, WS. (2005). Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Media Abad




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v5i1.10869

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hendri Simanjutak, Sumaryoto Sumaryoto, Soeparlan Kasyadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.