Pengaruh Sikap Kewirausahaan dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Kewirausahaan

Muhamad Idris(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pengaruh sikap kewirausahaan dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis korelasi dan regresi, data sikap kewirausahaan dan kemandirian belajar diperoleh melalui angket, sedangkan data prestasi belajar diambil dari nilai raport mata pelajaran kewirausahaan. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara proporsional dan acak dengan jumlah sampel 76 siswa. Hasil yang diperoleh adalah: Ada pengaruh sikap kewirausahaan dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar kewirausahaan. Ada pengaruh sikap kewirausahaan terhadap prestasi belajar kewirausahaan. Ada pengaruh belajar mandiri terhadap prestasi belajar kewirausahaan. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa sikap kewirausahaan siswa merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar kewirausahaan, sedangkan kemandirian belajar akan memaksimalkan tingkat pencapaian prestasi belajar kewirausahaan.


Keywords


entrepreneurial attitudes, learning independence, entrepreneurial learning achievement

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka.

Asrori, M. (2008). Psikologi Pembelajaran, Seri Pembelajaran Efektif. Bandung: CV Wacana Prima

Budiningsih, A. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Renika Cipta.

Djamarah, dkk. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Eggen, P & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Metode pembelajaran. Jakarta: PT. Indeks.

Goleman. (1997). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Gunarsa. (2004). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabet

Gunarsa. (2004). Psikologi Praktis : Anak Remaja dan Keluarga. Bandung: BPK Gunung Mulia

Hamdayana, J.(2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemendikbud (2014), Metode pembelajaran Berbasis Proyek (Project BasedLearning/PjBL)https://www.kajianpustaka.com/2017/08/model-pembelajaran-berbasis-proyek.html ( Diakses kembali pada 7 Maret 2021)

Lestari, S. (2013). Strategi Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Unindra Press.

Mulyani, Endang. (2017). Pengembangan Metode pembelajaran Berbasis Proyek Pendidikan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Sikap, Minat, Perilaku Wirausaha, dan Prestasi Belajar Siswa SMK. Diambil dari: https://www.neliti.com/id/universitas-negeri-yogyakarta?perpage=100&page=10. (Diakses kembali pada 7 Maret 2020)

Mutakin, T. Z & Cleopatra, M. (2015). Suplemen Aplikasi Komputer Dalam Penyusunan Karya Ilmiah. Tanggerang: Pustaka Mandiri

Pasaribu, M. (2016). From The Perspective Of Strategic Management Knowledge, innovation, & Entrepreneurship. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Rusman. (2016). Model – Metode pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo

Sabatari dan Lilik, 2013. Upaya Pembelajaran Kewirausahaan di SMK, https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/download/3259/2740 (Diakses pada tgl 7 Maret 2021)

Suherman, W. (2002). Proses Pembelajaran Peserta Didik. Bandung: Sinar Baru.

Suparman I. A. (2014). Aplikasi Komputer Dalam Penyusunan Karya Ilmiah. Tanggerang: Pustaka Mandiri.

Surya Dharma, 2010. Kewirausahaan. Jakarta: Direktorat Tenaga Kepen didikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Kemen terian Pendidikan Nasional

Syahmadi, H & Kusriandi, W. (2015). Kupas Tuntans Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. Jawa Barat: Adoya.

Thomas, Z & Scarborough. (2006). Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil. Jakarta: Graha Ilmu.

Wiedy Murtini, 2009. Kewirausahaan pendekatan success story. Surakarta: Sebelas Maret University Press




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v4i3.10847

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhamad Idris

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.