Prestasi Belajar Akuntansi Dipengaruhi Kecerdasan Emosional dan Perhatian Orang Tua (Survei di SMK Swasta Jakarta Barat)

Samsinar Lubis(1*), Mamik Suendarti(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Pengaruh yang signifikan Kecerdasan Emosional dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa SMK Swasta di Jakarta Barat. 2) Pengaruh yang signifikan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa SMK Swasta di Jakarta Barat. 3) pengaruh yang signifikan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa SMK Swasta di Jakarta Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan teknik korelasional regresi llinier berganda dengan sampel berjumlah 84 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Kecerdasan emosional dan Perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap Prestasi belajar Akuntansi siswa SMK Swasta di Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 116,332. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Kecerdasan emosional terhadap Prestasi belajar Akuntansi siswa SMK Swasta di Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 8,601. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan Perhatian orang tua terhadap Prestasi belajar Akuntansi siswa SMK Swasta di Jakarta Barat.  Hal ini dibuktikan dengan perolehasn nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 3,790.


Keywords


Kecerdasan emosional; perhatian orang tua; prestasi belajar akuntansi

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2004). Psikologi belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ali, M., & Asrori, M. (2008). Psikologi remaja perkembangan peserta didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

__________. (2009). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara.

Cooper, R. K., & Sawaf, A. (2002). Executif EQ kecerdasan emosional dalam kepeminpinan organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Dalyono, M. (2009). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S.B. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

____________. (2008). Psikologi belajar edisi II. Jakarta: Rineka Cipta.

Efendi, A. (2005). Revolusi kecerdasan abad 21. Bandung: Alfabeta.

Goleman, D. (2001). Kecerdasan emosi untuk mencapai puncak prestasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

__________. (2009). Kecerdasan emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gottman, J. (2001). Kiat-kiat membesarkan anak yang memiliki kecerdasan emosional (terjemahan). Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Hadi, S. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Hamalik, O. (2004). Psikologi belajar dan mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Howard, G. (2003). Kecerdasan majemuk (multiple intelligences) teori dalam praktik. Batam: Interaksara.

Jihad, A., & Haris, A. (2009). Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Press.

Kartono, K. (1996). Psikologi Umum. Bandung: Mandar Maju.

Martin, A.D. (2003). Emotional quality management. Jakarta: Arga Wijaya Persada.

Mudzakir, A., & Sutrisno, J. (1997). Psikologi pendidikan, Bandung: Pustaka Setia.

Mustaqim. (2008). Psikologi pendidikan. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Purwanto, N. (2006). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

___________. (2009). Ilmu pendidikan teoritis dan praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2007). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. (2007). Landasan psikologi proses pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, S. (2006). Psikologi pendidikan. Jakarta: CV Rajawali.

Syah, M. (2008). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uno, H.B. (2006). Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Walgito, B. (2004). Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: Andi Offset.

_________. (2010). Bimbingan dan konseling (studi dan karier). Yogyakarta: Andi Offset.

Winkel, W. S. (2004). Psikologi pengajaran. Jakarta: PT Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v4i3.10844

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Samsinar Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.