Pengaruh Sikap Dan Kreativitas Berpikir Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Sosial Pada SMA Negeri di Jakarta Utara
(1) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh sikap dan kreativitas berpikir secara bersama terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri di Jakarta Utara. 2) Pengaruh sikap terhadap prestasi belajar IPS siswa SMA Negeri Jakarta Utara. 3) Pengaruh kreativitas berpikir terhadap prestasi belajar IPS siswa SMA Negeri Jakarta Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik regresi linier korelasional berganda dengan jumlah sampel 70 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan sikap dan kreativitas berpikir bersama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMA Negeri di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 11,294. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan sikap terhadap prestasi belajar IPS siswa SMA Negeri di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,006 < 0,05 dan thitung = 2,843. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas berpikir terhadap prestasi belajar IPS siswa SMA Negeri di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya nilai sig. = 0,009 < 0,05 dan thitung = 2,694.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Arikunto. S. (2005). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: BumiAksara
Azwar, S. (2008). Sikap Manusia: Teori dan pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Badudu, JS & Zain. (2006). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Fisher, A. (2009). Berfikir kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta : Penerbit PT. Gelora Aksara Pratama.
Irwanto. (2002). Psikologi Umum. Jakarta: Prenhallindo.
James L. Gibson,Jhon M. Ivancerich dan James H. Donneily. (2000).Organisasi. Terjemahan: Djakasih. Jakarta: Erlangga.
Lubis, Z. (2008). Teori Belajar. Jakarta: Penerbit STKIP Wijaya Bakti.
Luthans, F. (2005). Perilaku Organisasi, Terjemahan: Vivin AY dan Shekar p. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Mahmud . (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pustaka Setia.
Mar’at.( 2006). Sikap Manusia: Perubahan serta Pengukurannya. Jakarta: Ghalia Indonesia
Margono, (2007). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Munandar. (2009) . Pengembangan Kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Nasution, ( 2002). Didakrik Azas-Azas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Priyatno, D (2009). 5 jam Belajar Olah Data dengan SPSS 22. Andi Offset.
Purwanto, ( 2008). Evaluasi hasil belajar. Jakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.
Rasyad, A. (2003). Teori belajar dan pembelajaran, cet. Ke-4, Jakarta: UHAMKA Press & Yayasan PEP-EX 8.
Riduwan. (2007). Belajar mudah penelitian untuk guru-karyawan dan penelitian pemula. bandung:alfabeta.
Slameto, (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2004). Penilaian hasil belajar mengajar. Cet.ke-9. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Sugiyono, (2007) . Metode penelitian administrasi. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S. (2004). Psikolog pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suyanto, E. (2007). Bahasa Indonesia kelas X SMK. Jakarta: Regina.
Tarigan,H.G. (2009). Pengajaran kompetensi. Bandung: Angkasa.
Winkel, W.S. (2006). Psikologi pendidikan dan evaluasi pendidikan. Jakarta: Gramedia.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i1.10829
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Siti Aisyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |