Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran Dan Rasa Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar IPS Pada SMP Swasta di Kota Depok

Rekyan Swasti Nariswari(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Maman Achdiyat(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dan rasa percaya diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah metoda survey deskriptif dengan teknik regresi linear berganda, yaitu suatu metoda penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi berasal dari 3 kelas VIII dari 3 sekolah yaitu SMP Yapan Indonesia, SMP Arrahman, dan SMP Islam Al Istiqomah Depok sebanyak berjumlah 500. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh yang signifikan Media Pembelajaran dan Rasa Percaya diri secara bersama-sama terhadap Prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta di Depok.  Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.0,000<0,05 dan Fhitung=24,329. Secara bersama-sama variabel media pembelajaran dan rasa percaya diri memberikan kontribusi sebesar 37,8% kepada prestasi belajar IPS. Terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta di Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig 0,000<0,05dan thitung=6,125. Kontribusi yang diberikan variabel media pembelajaran kepada prestasi belajar IPS sebesar 37,7%. Terdapat pengaruh yang signifikan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta di Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig0.001<0,05 dan thitung=6,360. Variabel Rasa Percaya diri belajar ini memberikan kontribusi kepada prestasi belajar IPS sebesar 38,7%.


Keywords


Persepsi atas media pembelajaran, rasa percaya diri, prestasi belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2003).Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Ahmadi, A. (2004). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

_________. (1991). Psikologi sosial . Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010).Prosedur penelitian suatu 0pendekatan praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto.(2008). Evaluasi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati & Mudjiono.(2013). Belajar & pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S.B. (2011), Psikologi belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

___________. (1994). Prestasi belajar dan kompetensi guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hamalik, O. (2004). Proses belajar mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamzah B.U, (2006).Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara

Irwanto. (2002). Psikologi umum. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Mudjiman, H. (2007). Belajar mandiri. Jakarta: Grassindo.

Mulyasa.(2009). Menjadi guru profesional. Bandung: Rosdakarya

Muzamil, Q. (2012). Fajar baru Islam Indonesia. Bandung: Mizan

Purwanto, N. (2000). Psikologi pendidikan Bandung: Rosdakarya.

Rakhmat, J. (2005). Psikologi komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rifa’I, A. (2012) Psikologi pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Safari.(2005). Teknik analisis butir soal instrumen tes dan non tes. Jakarta:Puspendik.

Sagala S. (2009). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, W. (2008).Strategi pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sapriya.(2009) Pendidikan IPS. Bandung: Rosda Karya.

Sardiman, A.M. (2007), Interaksi dan motivasi belajar mengajar: Bandung,. Rajawali Pers.

Slameto.(2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudaryono.(2012). Dasar-dasar evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudjana, N. (2001). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Cetakan ketujuh. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

__________. (2011). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan . Bandung: Alfabeta.

_________. (2014). Metodelogi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabet.

Sudijono, A. (2011) Pengantar evaluasi pendidikan , Jakarta : Rajawali Pers

Sukmadinata, N.S. (2010). Metode penelitian pendidikan.Bandung : Remaja Rosda Karya

Supardi.(2013). Aplikasi statistika dakam penelitian konsep statistika yang lebih komprehensif. Jakarta: Change Publication.

Syah, M. (2008).Psikologi pendidikan. Bandung: Rosdakarya

_________. ( 2011). Psikologi belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

_________. (2016). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Widoyoko.(2014). Penilaian hasil pembelajaran di sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yamin, M. (2010).Standarisasi kinerja guru. Jakarta: GP Press

_________. (2008).Desain Pembelajaran berbasis tingkat satuan pendidikan. Jakarta : Gaung Persada Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i1.10818

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rekyan Swasti Nariswari, Sumaryoto Sumaryoto, Maman Achdiyat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.