Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran Dan Rasa Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar IPS Pada SMP Swasta di Kota Depok
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dan rasa percaya diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah metoda survey deskriptif dengan teknik regresi linear berganda, yaitu suatu metoda penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi berasal dari 3 kelas VIII dari 3 sekolah yaitu SMP Yapan Indonesia, SMP Arrahman, dan SMP Islam Al Istiqomah Depok sebanyak berjumlah 500. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh yang signifikan Media Pembelajaran dan Rasa Percaya diri secara bersama-sama terhadap Prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta di Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.0,000<0,05 dan Fhitung=24,329. Secara bersama-sama variabel media pembelajaran dan rasa percaya diri memberikan kontribusi sebesar 37,8% kepada prestasi belajar IPS. Terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta di Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig 0,000<0,05dan thitung=6,125. Kontribusi yang diberikan variabel media pembelajaran kepada prestasi belajar IPS sebesar 37,7%. Terdapat pengaruh yang signifikan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta di Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig0.001<0,05 dan thitung=6,360. Variabel Rasa Percaya diri belajar ini memberikan kontribusi kepada prestasi belajar IPS sebesar 38,7%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. (2003).Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Ahmadi, A. (2004). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
_________. (1991). Psikologi sosial . Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2010).Prosedur penelitian suatu 0pendekatan praktik.Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto.(2008). Evaluasi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Dimyati & Mudjiono.(2013). Belajar & pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S.B. (2011), Psikologi belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
___________. (1994). Prestasi belajar dan kompetensi guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Hamalik, O. (2004). Proses belajar mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hamzah B.U, (2006).Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara
Irwanto. (2002). Psikologi umum. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Mudjiman, H. (2007). Belajar mandiri. Jakarta: Grassindo.
Mulyasa.(2009). Menjadi guru profesional. Bandung: Rosdakarya
Muzamil, Q. (2012). Fajar baru Islam Indonesia. Bandung: Mizan
Purwanto, N. (2000). Psikologi pendidikan Bandung: Rosdakarya.
Rakhmat, J. (2005). Psikologi komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rifa’I, A. (2012) Psikologi pendidikan. Semarang: UNNES Press.
Safari.(2005). Teknik analisis butir soal instrumen tes dan non tes. Jakarta:Puspendik.
Sagala S. (2009). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sanjaya, W. (2008).Strategi pembelajaran. Jakarta: Kencana
Sapriya.(2009) Pendidikan IPS. Bandung: Rosda Karya.
Sardiman, A.M. (2007), Interaksi dan motivasi belajar mengajar: Bandung,. Rajawali Pers.
Slameto.(2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudaryono.(2012). Dasar-dasar evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudjana, N. (2001). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Cetakan ketujuh. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
__________. (2011). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan . Bandung: Alfabeta.
_________. (2014). Metodelogi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabet.
Sudijono, A. (2011) Pengantar evaluasi pendidikan , Jakarta : Rajawali Pers
Sukmadinata, N.S. (2010). Metode penelitian pendidikan.Bandung : Remaja Rosda Karya
Supardi.(2013). Aplikasi statistika dakam penelitian konsep statistika yang lebih komprehensif. Jakarta: Change Publication.
Syah, M. (2008).Psikologi pendidikan. Bandung: Rosdakarya
_________. ( 2011). Psikologi belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
_________. (2016). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Widoyoko.(2014). Penilaian hasil pembelajaran di sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yamin, M. (2010).Standarisasi kinerja guru. Jakarta: GP Press
_________. (2008).Desain Pembelajaran berbasis tingkat satuan pendidikan. Jakarta : Gaung Persada Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v6i1.10818
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Rekyan Swasti Nariswari, Sumaryoto Sumaryoto, Maman Achdiyat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |