Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Tutor Paket B di PKBM Kabupaten Lebak

Dewi Nancy Shabatini(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan kepuasan kerja tutor terhadap  kinerja tutor. Jika memang ada pengaruh yang signifikan maka seberapa kuat kompetensi pedagogik dan kepuasan kerja tutor terhadap  kinerja tutor. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis korelasi dan regresi, yaitu menghubungkan antara data yang menunjukkan pengaruh kompetensi pedagogik dan kepuasan kerja tutor terhadap  kinerja tutor. Populasi dalam penelitian ini adalah tutor Paket B PKBM se-Kabupaten Lebak yang berjumlah 286 dengan sampel berjumlah 165 tutor. Hasil uji hipotesis menunjukkan: 1. Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik dan kepuasan kerja tutor terhadap  kinerja tutor Paket B di PKBM Kabupaten Lebak. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. 0,000<0,05  dan Fh= 36,971. 2. Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik terhadap kinerja tutor Paket B di PKBM Kabupaten Lebak. Hal ini dibuktikan oleh hasil pengujian hipotesis yang diperoleh bahwa nilai Sig. 0,000<0,05  dan th= 3,862. 3. Terdapat pengaruh yang signifikan kepuasan kerja tutor terhadap kinerja tutor Paket B di PKBM Kabupaten Lebak. Hal ini dibuktikan oleh hasil pengujian hipotesis yang diperoleh bahwa nilai Sig. 0,000<0,05  dan th= 5,901.


Full Text:

PDF

References


Agung, Lilik. (2007). Human Capital Competencies. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Arifin. (2011). Kompetensi Guru dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Lilin Persada Press.

Darsono. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Abad Ke 21. Jakarta: Nusantara Consulting.

Davis K, Newstrom JW. (2001). Perilaku dalam Organisasi. Jilid 1, Terjemahan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ghozali, Imam. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara

Hasibuan, Malayu S. P. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hutapean, Parulian. (2008). Kompetensi Plus: Teori, Desain, Kasus, dan Penerapan Untuk HRD dan Organisasi yang Dinamis. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Jones, Gareth R. & George, Jennifer M. (2008). Contemporary management (fifth edition). USA: McGRAWhill-International.

Majid, A. (2005). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurrohmadi, Latif. (2011). Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru. Thesis. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sanjaya,Wina. (2007). Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Fajar interpratama Offset.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sukardi. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Press.

Suprayitno Riyanto dan Sapar. (2011). Pengantar Metode Penelitian. Bogor: Makaira Printing Plus.

Sutrisno, Edy. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Penerbit Kencana, Jakarta

Tatan Zaenal Mutakin, Hasbullah, & Andri Suryana. (2019). Tuntunan Praktis Pengolahan Data Penelitian Dengan Bantuan Program SPSS. Jakarta: Pustaka Mandiri

Uhar, Saputra. (2009). Supervisi Kepala Madrasah untuk meningkatkan kinerja guru berbasis akademik: Penelitian di MI Al-Inayah dan MI Al-Lathif Bandung. Dikutip dari : http://digilib.uinsgd.ac.id/29016/

Undang-undang nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-undang nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Wibowo. (2010). Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Wirawan. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia : Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i1.10766

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dewi Nancy Shabatini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.