Minat Belajar Dan Perhatian Orang Tua Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Survei Pada SMA Negeri di Jakarta Timur)
(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(3) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh minat belajar dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMA Negeri Jakarta Timur. 2) Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMA Negeri Jakarta Timur. 3) Pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMA Negeri Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional regresi linier berganda dengan jumlah sampel 87 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Minat belajar dan Perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap Prestasi belajar siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 147,619. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Minat belajar terhadap Prestasi belajar siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 6,560. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan Perhatian orang tua terhadap Prestasi belajar siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehasn nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,175.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, S.I (2016). Aplikasi komputer dalam penyusunan karya ilmiah. Tangerang: Pustaka Mandiri.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2005) Dasar-dasar, evaluasi pendidikan. Jakarta; Bumi Aksara
Asrory, M. (2009). Psikologi pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima
Desmita. (2016). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: Remaja Rosda Karya
DePorter, B., & Mike. H. (2002). Quantum Learning: Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung: Kaifa
Djamarah, S.B. (2011). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Efendi, Sofian. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Pustaka LP3ES.
Gie, The Liang. (1988). Cara belajar yang efisien. Yogyakarta: Pusat Kemajuan Studi.
Hadisubrata. (2006). Meningkatkan integensi anak. Jakarta: PT.BPK Gunung Mulia.
Hudoyo, H. (2000). Pengembangan kurikulum dan pembelajaran matematika. Malang: UNM.
Imron, Ali. (2012). Manajemen peserta didik berbasis sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Pedoman penilaian kinerja guru. Jakarta: Kemdiknas
Nazir, M. (2003). Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Pidarta, M. (2000). Landasan pendidikan, stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Riduwan. (2007) Skala pengukuran variabel – variabel penelitian. Bandung: Alfabeta
Sabri, A. (2001). Psikologi pendidikan. Jakarta: CV. Pedoman Ilmu Jaya.
Singarimbun, M. (1989). Metode penelitian survei. Jakarta: LP3ES.
Slameto. (2003) Belajardan factor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta, RinekaCipta
Sugiyono. (2017). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2007) Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sudjana. (2005). Metoda statistika. Bandung: Tarsito.
Sugihartono. (2007). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Sukardi. (2012). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v4i3.10747
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 amat suparman santoso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |