Minat Belajar Dan Perhatian Orang Tua Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Survei Pada SMA Negeri di Jakarta Timur)

Amat Suparman Santoso(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Mamik Suendarti(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(3) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh minat belajar dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMA Negeri Jakarta Timur. 2) Pengaruh  minat belajar terhadap prestasi belajar  Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMA Negeri Jakarta Timur. 3) Pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMA Negeri Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional regresi linier berganda dengan jumlah sampel 87 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Minat belajar dan Perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap Prestasi belajar siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 147,619. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Minat belajar terhadap Prestasi belajar siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 6,560. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan Perhatian orang tua terhadap Prestasi belajar siswa SMA Negeri di Jakarta Timur.  Hal ini dibuktikan dengan perolehasn nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,175.


Keywords


Pengaruh minat belajar; perhatian orang tua; prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S.I (2016). Aplikasi komputer dalam penyusunan karya ilmiah. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2005) Dasar-dasar, evaluasi pendidikan. Jakarta; Bumi Aksara

Asrory, M. (2009). Psikologi pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima

Desmita. (2016). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: Remaja Rosda Karya

DePorter, B., & Mike. H. (2002). Quantum Learning: Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung: Kaifa

Djamarah, S.B. (2011). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Efendi, Sofian. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Pustaka LP3ES.

Gie, The Liang. (1988). Cara belajar yang efisien. Yogyakarta: Pusat Kemajuan Studi.

Hadisubrata. (2006). Meningkatkan integensi anak. Jakarta: PT.BPK Gunung Mulia.

Hudoyo, H. (2000). Pengembangan kurikulum dan pembelajaran matematika. Malang: UNM.

Imron, Ali. (2012). Manajemen peserta didik berbasis sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Pedoman penilaian kinerja guru. Jakarta: Kemdiknas

Nazir, M. (2003). Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pidarta, M. (2000). Landasan pendidikan, stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Riduwan. (2007) Skala pengukuran variabel – variabel penelitian. Bandung: Alfabeta

Sabri, A. (2001). Psikologi pendidikan. Jakarta: CV. Pedoman Ilmu Jaya.

Singarimbun, M. (1989). Metode penelitian survei. Jakarta: LP3ES.

Slameto. (2003) Belajardan factor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta, RinekaCipta

Sugiyono. (2017). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2007) Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sudjana. (2005). Metoda statistika. Bandung: Tarsito.

Sugihartono. (2007). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sukardi. (2012). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v4i3.10747

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 amat suparman santoso

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.