Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Dipengaruhi Kebiasaan dan Kemandirian Belajar (Survey Pada SMP Negeri Di Kabupaten Bogor)

Heny Astuty(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Sumardi Sumardi(3)

(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(2) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(3) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengaruh Kebiasaan dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial survei di SMP Negeri Kabupaten Bogor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kebiasaan dan Kemandirian belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel diambil sebanyak 60 peserta didik dengan teknik acak sederhana. Analisis data menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial untuk mencari analisis regresi berganda, uji signifikansi simultan dan parsial. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan Kebiasaan dan Kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri Kabupaten Bogor. Dibuktikan dengan perolehan nilai Sig= 0,000<0,05 dan Fhitung=70.383. Variabel Kebiasaan dan kemandirian belajar memberikan kontribusi sebesar 71,2% kepada variabel prestasi belajar IPS, Terdapat pengaruh yang signifikan Kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig= 0,000<0,05 dan thitung=4,091. Variabel Kebiasaan belajar telah memberi konstribusi sebesar 21,27% kepada Presatsi Belajar IPS, Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig= 0,000<0,05 dan thitung= 7.752. Kontribusi yang diberikan variabel kemandirian belajar kepada variabel Prestasi belajar IPS sebesar 49.9%.


Keywords


Kebiasaan belajar; Kemandirian belajar; Prestasi Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S.I (2016). Aplikasi komputer dalam penyusunan karya ilmiah. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006) Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Arikunto, S. (2005) Dasar-dasar, evaluasi pendidikan. Jakarta; Bumi Aksara

Asrory, M. (2009). Psikologi pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima

Desmita. (2016). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: Remaja Rosda Karya

DePorter, B., & Mike. H. (2002). Quantum Learning: Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung: Kaifa

Gie, The Liang. (1988). Cara belajar yang efisien. Yogyakarta: Pusat Kemajuan Studi.

Hamalik, O. (2001). Proses belajar mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Imron, Ali. (2012). Manajemen peserta didik berbasis sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Pedoman penilaian kinerja guru. Jakarta: Kemdiknas

Nana, S. (2009) Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakary

Pidarta, M. (2000). Landasan pendidikan, stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Riduwan. (2007) Skala pengukuran variabel – variabel penelitian. Bandung: Alfabeta

Ridwan. (2004) Metode dan teknik menyusun tesis. Bandung: Alfabeta.

Singarimbun, M. (1989). Metode penelitian survei. Jakarta: LP3ES.

Slameto. (2003) Belajardan factor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta, RinekaCipta

Sugiyono. (2017). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2007) Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumaryoto. (2015). Panduan penulisan Skripsi, Tugas Akhir dan Tesis. Jakarta: Unindra Press.

Sudjana. (2005). Metoda statistika. Bandung: Tarsito.

Sugihartono. (2007). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Tatan, Z.M. (2019). Tuntunan praktis pengolahan data penelitian dengan bantuan program SPSS. Tangerang: Pustaka Mandiri.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v4i3.10728

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Heny Astuty, Sumaryoto Sumaryoto, Sumardi Sumardi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.