Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Dipengaruhi Kebiasaan dan Kemandirian Belajar (Survey Pada SMP Negeri Di Kabupaten Bogor)
(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(2) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(3) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Pengaruh Kebiasaan dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial survei di SMP Negeri Kabupaten Bogor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kebiasaan dan Kemandirian belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel diambil sebanyak 60 peserta didik dengan teknik acak sederhana. Analisis data menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial untuk mencari analisis regresi berganda, uji signifikansi simultan dan parsial. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan Kebiasaan dan Kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri Kabupaten Bogor. Dibuktikan dengan perolehan nilai Sig= 0,000<0,05 dan Fhitung=70.383. Variabel Kebiasaan dan kemandirian belajar memberikan kontribusi sebesar 71,2% kepada variabel prestasi belajar IPS, Terdapat pengaruh yang signifikan Kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig= 0,000<0,05 dan thitung=4,091. Variabel Kebiasaan belajar telah memberi konstribusi sebesar 21,27% kepada Presatsi Belajar IPS, Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig= 0,000<0,05 dan thitung= 7.752. Kontribusi yang diberikan variabel kemandirian belajar kepada variabel Prestasi belajar IPS sebesar 49.9%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, S.I (2016). Aplikasi komputer dalam penyusunan karya ilmiah. Tangerang: Pustaka Mandiri.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2006) Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arikunto, S. (2005) Dasar-dasar, evaluasi pendidikan. Jakarta; Bumi Aksara
Asrory, M. (2009). Psikologi pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima
Desmita. (2016). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: Remaja Rosda Karya
DePorter, B., & Mike. H. (2002). Quantum Learning: Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung: Kaifa
Gie, The Liang. (1988). Cara belajar yang efisien. Yogyakarta: Pusat Kemajuan Studi.
Hamalik, O. (2001). Proses belajar mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Imron, Ali. (2012). Manajemen peserta didik berbasis sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Pedoman penilaian kinerja guru. Jakarta: Kemdiknas
Nana, S. (2009) Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakary
Pidarta, M. (2000). Landasan pendidikan, stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Riduwan. (2007) Skala pengukuran variabel – variabel penelitian. Bandung: Alfabeta
Ridwan. (2004) Metode dan teknik menyusun tesis. Bandung: Alfabeta.
Singarimbun, M. (1989). Metode penelitian survei. Jakarta: LP3ES.
Slameto. (2003) Belajardan factor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta, RinekaCipta
Sugiyono. (2017). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2007) Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sumaryoto. (2015). Panduan penulisan Skripsi, Tugas Akhir dan Tesis. Jakarta: Unindra Press.
Sudjana. (2005). Metoda statistika. Bandung: Tarsito.
Sugihartono. (2007). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Tatan, Z.M. (2019). Tuntunan praktis pengolahan data penelitian dengan bantuan program SPSS. Tangerang: Pustaka Mandiri.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v4i3.10728
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Heny Astuty, Sumaryoto Sumaryoto, Sumardi Sumardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |