Peningkatan Prestasi Belajar Dan Nilai Afektif Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Pelajaran Apresiasi Seni Lukis Kelas X Mia 4, Sma 32 Jakarta Semester 2 Tahun 2014/2015

Zulmartin Zulmartin(1*)

(1) Pusat Penelitian Bidang Bahasa dan Seni Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Model Jigsaw adalah salah satu model Cooperatif Learning, yang teknik pelaksanannya dimulai dari pembentukan kelompok yang disusun oleh guru, agar siswa tidak memilih teman yang disenangi saja (heterogen). Setiap anggota kelompok diberi tugas untuk mempelajari materi tertentu. Kemudian ada perwakilan kelompok bertemu dengan perwakilan kelompok lain mereka belajar materi yang sama. Kemudian kelompok dari perwakilan kelompok kembali ke kelompok asalnya, dan menjelaskan apa yang sudah mereka bahas dalam pertemuan perwakilan kelompok tadi. Hasi penelitian ini adalah materi pembelajaran Apresiasi Seni Lukis dengan model Jigsaw, mampu meningkatkan prestasi belajar dan nilai afektif siswa. Belajar kelompok model Jigsaw telah mampu membuat siswa mudah memahami pelajaran, siswa lancar memaparkan sendiri materinya, tidak jenuh, lebih kreatif, dan inovatif, sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan menggembirakan. Keuntungan lain dalam pembelajaran dengan metode ini adalah dinamika kelompok menjadi meriah dan siswa menjadi percaya diri.


Keywords


prestasi; afektif; jigsaw; apresiasi; seni lukis

Full Text:

PDF

References


Akhdinirwanto.R, (2009). Cara Mudah Mengembangkan Profesi Guru, Yogjakarta: Sabda Media

A.M. Sardiman, (2007). Interaksi & Motifasi Belajar Mengajar, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada

Aqib Zainal, (2009). Penelitian Tindakan Kelas, Bandung:Yrama Widya

Anonim. 2011. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. [Online]. Tersedia: http://repository.upi.edu/operator/upload/s_d0251_060231_chapter2.pdf [6 Juni 2015]

Fadhly. 2010. Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw. [Online]. Tersedia: http://sumsel.kemenag.go.id/file/dokumen/modeljigsaw.pdf [6 Juni 2015]

Mulyasa,.E, (2005). Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyasa,.E, (2009). Praktek Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Remaja Rosdakarya

Susilo,DR, (2009), Penelitian Pendidikan, Jakarta: Poligam Widya Pustaka

Syaodih Nana, (2003). Metodologi Penelitian, Bandung: Remaja Rosdakarya

http://haryono10182.wordpress.com/2015/04/02/model-model-pembelajaran/

http://wijayalabs.wordpress.com/2015/04/11/motivasi-dan-minat-belajar-siswa

http://edukasi.kompasiana.com/2015/06/02/minat-belajar/nilai afektif




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v3i02.658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Zulmartin Zulmartin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics