PENDEKATAN KELAS MENENGAH MUSLIM PADA DESAIN: STUDI KASUS SAMPUL BUKU PENERBIT QULTUM MEDIA

Wirawan Sukarwo(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Diskursus kelas menengah di Indonesia menghadirkan fenomena konservatisme pada nilai-nilai religi di tengah konsumerisme. Akses yang kuat pada ruang-ruang gaya hidup tumbuh selaras dengan ketaatan pada nilai-nilai agama. Kombinasi kedua hal ini melahirkan kelas menengah muslim di Indonesia. Kelas menengah muslim hadir sebagai ekses dari keberhasilan pembangunan di bidang ekonomi dan pendidikan. Salah satu gaya hidup kelas ini adalah membeli dan membaca buku-buku Islami. Qultum Media adalah salah satu penerbit yang menggunakan pendekatan kelas menengah muslim dalam mendesain sampul buku mereka. Teori habitus dan modal budaya ala Pierre Bourdeu bisa digunakan dalam menganalisis strategi desain dari Qultum Media di tengah persaingan industri penerbitan buku-buku Islam.


Keywords


kelas menengah muslim; desain; qultum media

Full Text:

PDF

References


Bell, David dan Joanne Hollows. “Making Sense of Ordinary Lifestyles”. Dalam Bell, David dan Joanne Hollows (ed.). Ordinary Lifestyles: Popular Media, Consumption, and Taste. London: Open University Press. 2005

Beng Huat, Chua (ed.). Consumption in Asia: Lifestyle ang Identities. London dan New York: Routledge. 2000

Bourdieu, Pierre. An Outline of a Theory of Practice. Cambridge: Cambridge University Press. 1977

Gerke, Solvay. “Global Lifestyles under Local Condotions: the New Indonesian Middle Class”. Dalam Chua Beng-Huat (ed.). Consumption in Asia: Lifestyle and Identities. London dan New York: Routledge. 2000

Hefner, Robert W. “Islamization and Democratization in Indonesia”. Dalam Hefner, Robert W dan Patricia Horvatich (ed.). Islam in an Era of Nation States, Politics and Religious Renewal in Muslim Southeast Asia. Honolulu: University of Hawai Press. 1997.

Heryanto, Ariel. “Kelas Menengah Indonesia: Tinjauan Kepustakaan”. Dalam Majalah Prisma, Vol.19 No.4. 1990

Kellner, Douglas. Jean Baudrillard: From Marxism to Postmodernism and Beyond. Stanford: Stanford University Press. 2005

Niels, Mulder. Inside Indonesian Society: An Interpretation of Cultural Change in Java. Bangkok: Editions Duang Kamol. 1994.

Yuswohady, dkk. Marketing To The Middle Class Muslim: Kenali Perubahannya, Pahami Perilakunya, Petakan Strateginya. Jakarta: Gramedia. 2015

Jurnal Studia Islamika. Vol.7 No.2. 2002. IAIN Syarif Hidayatullah

Majalah Prisma. “Kelas Menengah Indonesia: Apa Yang Baru?”. Volume 31. 2012

www.republika.com

www.qultummedia.com




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v3i01.591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Wirawan Sukarwo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics