PENDEKATAN KELAS MENENGAH MUSLIM PADA DESAIN: STUDI KASUS SAMPUL BUKU PENERBIT QULTUM MEDIA
(1) Pusat Penelitian Bidang Bahasa dan Seni Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Diskursus kelas menengah di Indonesia menghadirkan fenomena konservatisme pada nilai-nilai religi di tengah konsumerisme. Akses yang kuat pada ruang-ruang gaya hidup tumbuh selaras dengan ketaatan pada nilai-nilai agama. Kombinasi kedua hal ini melahirkan kelas menengah muslim di Indonesia. Kelas menengah muslim hadir sebagai ekses dari keberhasilan pembangunan di bidang ekonomi dan pendidikan. Salah satu gaya hidup kelas ini adalah membeli dan membaca buku-buku Islami. Qultum Media adalah salah satu penerbit yang menggunakan pendekatan kelas menengah muslim dalam mendesain sampul buku mereka. Teori habitus dan modal budaya ala Pierre Bourdeu bisa digunakan dalam menganalisis strategi desain dari Qultum Media di tengah persaingan industri penerbitan buku-buku Islam.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bell, David dan Joanne Hollows. “Making Sense of Ordinary Lifestyles”. Dalam Bell, David dan Joanne Hollows (ed.). Ordinary Lifestyles: Popular Media, Consumption, and Taste. London: Open University Press. 2005
Beng Huat, Chua (ed.). Consumption in Asia: Lifestyle ang Identities. London dan New York: Routledge. 2000
Bourdieu, Pierre. An Outline of a Theory of Practice. Cambridge: Cambridge University Press. 1977
Gerke, Solvay. “Global Lifestyles under Local Condotions: the New Indonesian Middle Class”. Dalam Chua Beng-Huat (ed.). Consumption in Asia: Lifestyle and Identities. London dan New York: Routledge. 2000
Hefner, Robert W. “Islamization and Democratization in Indonesia”. Dalam Hefner, Robert W dan Patricia Horvatich (ed.). Islam in an Era of Nation States, Politics and Religious Renewal in Muslim Southeast Asia. Honolulu: University of Hawai Press. 1997.
Heryanto, Ariel. “Kelas Menengah Indonesia: Tinjauan Kepustakaan”. Dalam Majalah Prisma, Vol.19 No.4. 1990
Kellner, Douglas. Jean Baudrillard: From Marxism to Postmodernism and Beyond. Stanford: Stanford University Press. 2005
Niels, Mulder. Inside Indonesian Society: An Interpretation of Cultural Change in Java. Bangkok: Editions Duang Kamol. 1994.
Yuswohady, dkk. Marketing To The Middle Class Muslim: Kenali Perubahannya, Pahami Perilakunya, Petakan Strateginya. Jakarta: Gramedia. 2015
Jurnal Studia Islamika. Vol.7 No.2. 2002. IAIN Syarif Hidayatullah
Majalah Prisma. “Kelas Menengah Indonesia: Apa Yang Baru?”. Volume 31. 2012
www.republika.com
www.qultummedia.com
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v3i01.591
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Wirawan Sukarwo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.