Visual guideline media sosial Instagram untuk penerapan elemen identitas yang konsisten

Irsalina Kirana Putri(1*), Irfan Ardiansah(2)

(1) 
(2) Universitas Padjadjaran
(*) Corresponding Author

Abstract


Program Kartu Prakerja merupakan inisiatif dari pemerintah untuk meningkatkan produktivitas dan kompetensi kerja serta kewirausahaan. Sejalan dengan tujuan tersebut Vokasee, yang merupakan salah satu mitra Kartu Prakerja, bertujuan untuk menyediakan konten edukasi dan informasi terkait Kartu Prakerja dalam membantu pengembangan diri dengan menggunakan media Instagram. Instagram banyak digunakan oleh kalangan masyarakat pada jangkauan usia yang luas untuk mengunggah atau mencari informasi dalam bentuk video atau foto. Dalam hal ini, penting untuk membuat konten edukasi yang menarik secara visual dan konsisten guna menciptakan identitas yang khas serta sebagai sarana edukasi yang menarik. Hal yang menjadi masalah adalah, Vokasee belum mempunyai guideline untuk desain konten Instagram, sehingga desain konten yang dibagikan tidak teratur. Perancangan guideline dilakukan melalui metode observasi dan dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Dengan dilakukan perancangan ini, Vokasee sekarang memiliki pedoman untuk media online yang diterapkan guna menciptakan konsistensi dalam desain konten. Penting untuk melakukan pengawasan dan penerapan pedoman desain secara rutin guna menjaga konsistensi desain.


Keywords


Brand Guideline; Informasi; Instagram, Konten; visual

Full Text:

PDF

References


Alfonzo, P. (2019). Instagram in the Library. Library Technology Reports, 55(2): 33–42. https://www.instagram.com/p/Bnd6IIxFWBe/.

Chiaravalle, B. & Schenck, B.F. (2007). Branding For Dummies. 2nd Edition. Hoboken: John Wiley & Sons, Inc. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=F0jJBQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA3&dq=branding+for+dummies&ots=NDpcSUYA1m&sig=GMXu-eP0EXYs2VcCtdJ6dqfXLsg&redir_esc=y#v=onepage&q=branding for dummies&f=false.

Digital Business Lab. (2022). Social Media Penetration in Indonesia. https://digital-business-lab.com/2022/07/?-social-media-penetration-in-indonesia-research/.

Pamudyaningrum F.E., Rante, H. R., Zainuddin, M.A. & Lund, M. (2020). UI/UX Design for Metora: A Gamification of Learning Journalism Interviewing Method. E3S Web of Conferences 188: 0–5. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202018800008.

Harfiani, R. & Pasaribu, M. (2019). Implementasi Business Model Canvas Pada CV. Media (Penerbit dan Distributor Buku Pelajaran PAUD). Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan 1 (1): 200–208. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/snk/article/view/3607.

Kartu Prakerja. (2020). Tentang Kartu Prakerja. https://www.prakerja.go.id/tentang-prakerja.

Kemp, S. (2022). Digital 2022: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia.

Landa, R. (2018). Graphic Design Solutions. Sixth Edition. Boston: Cengage Learning. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=HepDDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=pattern+in+graphic+design&ots=HcqOvywhKA&sig=IVuA3Z_Q6Dy6rG6Y34MowWIZYLY&redir_esc=y#v=onepage&q=pattern in graphic design&f=false.

Middlebrook, C. (2020). The Grey Area: Instagram, Shadowbanning, and the Erasure of Marginalized Communities.'SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3539721.

Morales, E. (2023). 4 Reasons Why Most People Are Losing Instagram Followers And How To Fix It. https://www.publicist.co/the-spin/the-inside-scoop/4-reasons-why-most-people-are-losing-instagram-followers-and-how-to-fix-it.

Mustajab, R. (2023). Indonesia Miliki 97,17 Juta Pengguna Instagram Hingga Akhir 2022. https://dataindonesia.id/internet/detail/indonesia-miliki-9717-juta-pengguna-instagram-hingga-akhir-2022.

Nordiansyah, E. (2020). Didominasi Usia Muda, Peserta Kartu Prakerja Diklaim Tepat Sasaran. https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/MkMd0dpb-didominasi-usia-muda-peserta-kartu-prakerja-diklaim-tepat-sasaran.

Hariyati, A.N.U.S., Ritonga, L.E.C., Prawira, M.A., Situmorang, V.V.D. & Pasaribu, W. (2022). Perumusan Visual Guideline pada Local Brand La Roux Craft. JUBDIMAS (Jurnal Pengabdian Masyarakat), 1(3), 46–53. https://doi.org/10.59663/jubdimas.v1i3.76.

Putra, I.K.A.M. & Astina, K.A.D. (2019). Pemanfaatan Media Instagram Multiple Post sebagai Sarana. Jurnal Nawala Visual 1 (2), 113–21. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v1i2.42.

Rider, R.M. (2009). Color Psychology and Graphic Design Applications. (Thesis in The Honors Program). Liberty University, Virginia.

Rohma, S., Sya’roni, M., Mufrihah, S. & Arafat, A.T. (2020). Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Konten Edukasi Islami Untuk Masyarakat Semarang. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan 20(2): 117-128. https://doi.org/10.21580/dms.2020.202.6712.

Sendari, A.A. (2019). Instagram Adalah Platform Berbagi Foto dan Video: Ini Deretan Fitur Canggihnya. https://www.liputan6.com/tekno/read/3906736/instagram-adalah-platform-berbagi-foto-dan-video-ini-deretan-fitur-canggihnya.

Shermon, G. (2004). Competency Based HRM. New Delhi: Tata McGraw-Hill.

Statista. (2022). Share of Instagram Users in Indonesia as of August 2022 by Age Group. https://www.statista.com/statistics/1078350/share-of-instagram-users-by-age-indonesia/.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v11i3.20244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Irsalina Kirana Putri, Irfan Ardiansah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics