DESAIN KEMASAN NASI BAKAR DAPUR IBU DENGAN METODE DESIGN THINKING
(1) Politeknik Negeri Jakarta
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak.Perkembangan sektor bisnis usaha mikro, kecil, menengah atau UMKM di bidang pangan menjadi tantangan bagi para pelaku UMKM untuk mampu meningkatkan daya saing terutama dalam hal inovasi dan kreativitas. Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk menarik minat konsumen adalah melalui perancangan desain kemasan yang unik dan menggambarkan karakteristik produk sehingga menciptakan nilai tambah bagi produk. Dapur Ibu merupakan salah satu UMKM yang menjual makanan tradisional yaitu nasi bakar. Dapur Ibu berencana mengembangkan bisnisnya melalui layanan pesan antar dan membutuhkan kemasan yang memudahkan pengantaran sekaligus sebagai media komunikasi dengan konsumen. Sementara dalam mengemas produknya, Dapur Ibu hanya menggunakan kemasan styrofoam yang tidak mampu menunjukkan daya tarik visual produk. Selain itu, styrofoam merupakan kemasan tidak ramah lingkungan dan sulit diurai. Hal ini yang mendorong Dapur Ibu untuk beralih menggunakan kemasan berkelanjutan dan ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses perancangan desain kemasan nasi bakar Dapur Ibu yang sesuai dengan target pasar, penerapan konsep visual berdasarkan karakteristik produk dan pengaplikasian gaya visual pada media pendukung yang relevan. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan metode design thinking dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, survei dan studi literatur. Proses perancangan ini menghasilkan desain kemasan nasi bakar Dapur Ibu dengan konsep kelezatan cita rasa yang ditunjukkan melalui penggunaan elemen foto nasi bakar dan ilustrasi rempah sehingga lebih menarik dan memberikan kesan yang realistis melalui sajian masakan nasi bakar. Melalui perancangan ini, diharapkan Dapur Ibu dapat mencapai tujuan dalam pengembangan bisnis dan menjawab solusi penggunaan kemasan ramah lingkungan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdi, D. (2021). Peningkatan Daya Saing Kewirausahaan UKM Untuk Menembus Pasar Regional Dan Global. Indonesia Banking School. http://ibs.ac.id/peningkatan-daya-saing-kewirausahaan-ukm-untuk-menembus-pasar-regional-dan-global/.
Arifiyansa, I. (2020). Peran Kemasan Dalam Dunia Pemasaran. LinkedIn. https://www.linkedin.com/pulse/peran-kemasan-dalam-dunia-pemasaran-imam-arifiyansa/?originalSubdomain=id.
Dameria, A. (2014). Packaging Handbook. Pertama. Jakarta: Link Match Graphic.
Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek: Planning & Strategy. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.
Hantoro, M. R., & Soewito, B. M. (2018). Eksplorasi desain kemasan berbahan bambu sebagai produk oleh-oleh premium dengan studi kasus produk makanan UKM Purnama Jati Jember. Jurnal Sains dan Seni ITS, 7(1), 67-71. https://doi.org/10.12962/j23373520.v7i1.30041.
Hartanto, S., Yuwono, E. C., & Soewito, B. M. (2015). Perancangan desain kemasan produk homemade pie” 391” Surabaya. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6), 13.http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/viewFile/3303/2989.
Inzaghi, A. A. A., & Patria, A. S. (2021). Analisis Elemen Visual pada Desain Kemasan Permen Kopiko “Coffee Candy”. BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 2(3), 188-201. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/42322.
Istianah, R. Desain Kemasan Makanan ‘Mochi Gulung Kiwari’. IRAMA: JURNAL SENI DESAIN DAN PEMBELAJARANNYA, 4(2), 10-13.
Mukhtaromin. (2022). Mengenal Design Thinking. Kemenkeu Corporate University. https://bppk.kemenkeu.go.id/balai-diklat-keuangan-pontianak/artikel/mengenal-design-thinking-278789#:~:text=Sedangkan%20%E2%80%9CCareer%20Foundry%E2%80%9D%20mengatakan%2C%20design%20thinking%20adalah%20sebuah%20ideologi,kompleks%20yang%20menitikberatkan%20kepentingan%20pengguna.
Mufreni, A. N. (2016). Pengaruh desain produk, bentuk kemasan dan bahan kemasan terhadap minat beli konsumen (studi kasus teh hijau serbuk tocha). Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2), 48-54. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem.
Primartantyo, U. (2010). Mayoritas Kemasan Produk Makanan Usaha Kecil Belum Standar. Tempo.Co. https://nasional.tempo.co/read/245710/mayoritas-kemasan-produk-makanan-usaha-kecil-belum-standar.
Rachmadani, D.W., Pramesti, R.D. & Haryani, A. (2022). Perancangan Desain Kemasan Untuk Produk Dimsum Pada UMK Warung Jajanan. Prosiding Seminar Nasional Tetamekraf. Vol. 1. Depok. https://doi.org/10.58300/abdiwina.v2i1.247.
Ramdani, G. (2019). Desain Grafis. Bogor: IPB Press.
Tim. (2022). Sampah Abadi: Habis Plastik Muncullah Styrofoam. CNN Indonesia. 2022. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20221124085121-262-878001/sampah-abadi-habis-plastik-muncullah-styrofoam.
Wahyudi, N., & Satriyono, S. (2017). Mantra kemasan juara. Elex Media Komputindo.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v11i3.19742
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Tiara Zahira, Nanang Wahyudi, Rachmadita Dwi Pramesti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.