Pembelajaran rumah adat di Indonesia melalui media flashcard pada siswa sekolah dasar

Syifa Salsabila(1), Rachmadita Dwi Pramesti(2*), Deli Adi Silvia(3)

(1) Politeknik Negeri Jakarta
(2) 
(3) Politeknik Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Rumah adat sebagai salah satu keberagaman budaya Indonesia, sudah mulai diperkenalkan dan dipelajari sejak tingkat pendidikan sekolah dasar. Namun, tidak semua sekolah dasar memiliki media belajar yang menyenangkan dalam mempelajari rumah adat sehingga tujuan pembelajaran pun tidak tercapai secara optimal. Terlebih lagi, anak perlu melihat secara langsung guna memahami perbedaan masing-masing rumah adat di Indonesia. Maka dari itu, diperlukan suatu perancangan alternatif media belajar. Pada penelitian terdahulu, flashcard mampu meningkatkan perolehan hasil belajar siswa dan membuat kegiatan belajar terasa lebih menyenangkan, namun belum ada flashcard yang membahas tentang keberagaman rumah adat di Indonesia. Oleh karena itu pada penelitian ini, dilakukan perancangan flashcard rumah adat dengan desain dan materi yang disesuaikan untuk siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini sendiri adalah untuk menjelaskan proses perancangan flashcard sebagai media pembelajaran rumah adat di Indonesia dari segi penerapan teori hingga elemen dan prinsip desain grafis yang digunakan serta nantinya akan diaplikasikan pada hasil karya desain flashcard agar dapat membantu kegiatan pembelajaran materi rumah adat pada siswa sekolah dasar menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan metode design thinking. Hasil dari penelitian ini adalah media belajar flashcard bertema “Yuk, Jelajah Rumah Adat di Indonesia!” yang berjumlah 38 kartu dan dikelompokan menjadi 7 warna berbeda menyesuaikan letak pulau masing-masing provinsi.

Keywords


Rumah Adat; Media Belajar; Flashcard; Sekolah Dasar; Design Thinking

Full Text:

PDF

References


Afina, L. H. (2016). Perancangan kampanye cergam & flashcard “olin suka makan sayur” untuk anak usia 3-5 tahun. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/50636/Perancangan-kampanye-cergam-flashcard-olin-suka-makan-sayur-untuk-anak-usia-3-5-tahun.

AL_Hinaai, S. N. (2010). “What is the Importance and Impact of Illustrations in Children's Books?” An investigation into children's responses to illustrations. Arab Journal for Scientific Publishing (AJSP) ISSN, 2663, 5798.

Aliyasari, M., & Martadi, M. (2021). Perancangan Flash Card Sebagai Media Pengenalan Emosi Pada Anak Usia Prasekolah. BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 2(2), 82-95.

Ananda, Ananda. (2021). “Apa Itu Observasi_ Berikut Pengertian, Ciri, Tujuan, Dan Jenisnya.” Education. Gramedia Blog. (2021). https://www.gramedia.com/literasi/apa-itu-observasi/.

Anggarini, A., & Ds, M. (2019). Layout Desain Publikasi: Eksplorasi Teks dan Gambar. Depok: Penerbit PNJ Press.

Catherine, R. A., & Satriadi, S. (2021). Pemanfaatan Tipografi untuk Anak Usia Dini melalui Media Komunikasi Visual. https://www.academia.edu/49017231/pemanfaatan_tipografi_untuk_anak_usia_dini_melalui_media_komunikasi_visual.

Dam, R. F., & Siang, T. Y. (2020). Design thinking: Get started with prototyping. Interaction Design Foundation. https://www.interaction-design.org/literature/article/design-thinking-get-started-with-prototyping.

Febrianto, K., Yustitia, V., & Irianto, A. (2020). Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan media flashcard di sekolah dasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 16(29), 92-98. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no29.a2273.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1). https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/571.

Harisanty, D., Srirahayu, D., Kusumaningtiyas, T., Anugrah, E., & Permata, I. (2020). The utilization of flashcards in children information literacy development. Library Philosophy and Practice, 1-12. https://digitalcommons.unl.edu/libphilprac/4554/.

Hua, M. (2019). The roles of sketching in supporting creative design. The Design Journal, 22(6), 895-904. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/14606925.2019.1655187.

Jeddi, L. K., Kasrayee, F., Jeddi, S. K., & Taghipour, M. (2016). The analysis of effect of colour psychology on environmental graphic in children ward at medical centres. Psychology and Behavioral Sciences, 5(2), 51-61. https://doi.org/10.11648/j.pbs.20160502.12.

Klettner, S. (2019). Why shape matters—On the inherent qualities of geometric shapes for cartographic representations. ISPRS international journal of geo-information, 8(5), 217. https://doi.org/10.3390/ijgi8050217.

Kulsum, N. U. (2018). Mind Mapping Model in Increasing Students’ Creativity and Learning Outcomes. Classroom Action Research Journal, 2(3), 127-132. https://doi.org/DOI:10.17977/um013v2i32018p127

Mirajayanti, I. (2023). Perancangan Media Flashcard Pengenalan Makanan dan Minuman Sehat Untuk Siswa TK IT Wahdah 01 Gowa. Skripsi. Desain Komunikasi Visual, Universitas Negeri Makassar. http://eprints.unm.ac.id/27312/.

Nurhasanah, E. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Flashcard Huruf Hijaiyah terhadap Hasil Belajar Iqro pada Santri The Gold Generation. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 1(2), 60-68. https://doi.org/10.54371/jiepp.v1i2.106.

Nurulhasna, Anita. (2022). Perancangan Flash Card Paribasa Sunda Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV dan V di Kota Cimahi. Skripsi. Desain Komunikasi Visual, Universitas Pasundan. http://repository.unpas.ac.id/60411/.

Pradana, P. H., & Gerhni, F. (2019). Penerapan media pembelajaran flash card untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 25-31. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.587.

Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan media video call dalam teknologi komunikasi. Jurnal ilmiah dinamika sosial, 1(2), 202-224. https://doi.org/10.38043/jids.v1i2.219.

Putri, S. S., & Kristiana, N. (2022). Perancangan Flashcard Karikatur Fisikawan Sebagai Media Pembelajaran Siswa SMP. BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 3 (3): 30-44.

Rahman, N. H., Mayasari, A., Arifudin, O., & Ningsih, I. W. (2021). Pengaruh media flashcard dalam meningkatkan daya ingat siswa pada materi mufrodat Bahasa arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99-106. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.296.

Safitri, R. W., Primiani, C. N., & Hartini, H. (2018). Pengembangan media flashcard tematik berbasis permainan tradisional untuk kelas IV sub tema lingkungan tempat tinggalku. Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 11. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.1332.

Salim, A. K., &Hartanto, D. D. (2022). Analisis Pentingnya Creative Brief Pada Integrated Marketing Communication. Jurnal DKV Adiwarna 1 (6). https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/12288.

Supiyah, S., Fadillah, F., & Miranda, D. (2021). Pengenalan Keberagaman Budaya Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Se-Kecamatan Sungai Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(4), 2057-2064. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v10i4.46310.

Susanti, S., & Zulfiana, A. (2018). Jenis–jenis media dalam pembelajaran. Jenis–Jenis Media Dalam Pembelajaran, 1-16. http://eprints.umsida.ac.id.

Tursunmurotovich, S. S. (2020). Importance of illustrations for perception of content of the book. European Journal of Research and Reflection in Educational Sciences, 8(4), 98-101.

Wijayati, H. (2019). Panduan Analisis SWOT untuk Kesuksesan Bisnis: jangan buat strategi bisnis sebelum baca buku ini. Anak Hebat Indonesia. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1327127.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v11i3.19733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rachmadita Dwi Pramesti, Syifa Salsabila, Deli Silvia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics