Pembelajaran rumah adat di Indonesia melalui media flashcard pada siswa sekolah dasar
(1) Politeknik Negeri Jakarta
(2) 
(3) Politeknik Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afina, L. H. (2016). Perancangan kampanye cergam & flashcard “olin suka makan sayur” untuk anak usia 3-5 tahun. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/50636/Perancangan-kampanye-cergam-flashcard-olin-suka-makan-sayur-untuk-anak-usia-3-5-tahun.
AL_Hinaai, S. N. (2010). “What is the Importance and Impact of Illustrations in Children's Books?” An investigation into children's responses to illustrations. Arab Journal for Scientific Publishing (AJSP) ISSN, 2663, 5798.
Aliyasari, M., & Martadi, M. (2021). Perancangan Flash Card Sebagai Media Pengenalan Emosi Pada Anak Usia Prasekolah. BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 2(2), 82-95.
Ananda, Ananda. (2021). “Apa Itu Observasi_ Berikut Pengertian, Ciri, Tujuan, Dan Jenisnya.” Education. Gramedia Blog. (2021). https://www.gramedia.com/literasi/apa-itu-observasi/.
Anggarini, A., & Ds, M. (2019). Layout Desain Publikasi: Eksplorasi Teks dan Gambar. Depok: Penerbit PNJ Press.
Catherine, R. A., & Satriadi, S. (2021). Pemanfaatan Tipografi untuk Anak Usia Dini melalui Media Komunikasi Visual. https://www.academia.edu/49017231/pemanfaatan_tipografi_untuk_anak_usia_dini_melalui_media_komunikasi_visual.
Dam, R. F., & Siang, T. Y. (2020). Design thinking: Get started with prototyping. Interaction Design Foundation. https://www.interaction-design.org/literature/article/design-thinking-get-started-with-prototyping.
Febrianto, K., Yustitia, V., & Irianto, A. (2020). Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan media flashcard di sekolah dasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 16(29), 92-98. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no29.a2273.
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1). https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/571.
Harisanty, D., Srirahayu, D., Kusumaningtiyas, T., Anugrah, E., & Permata, I. (2020). The utilization of flashcards in children information literacy development. Library Philosophy and Practice, 1-12. https://digitalcommons.unl.edu/libphilprac/4554/.
Hua, M. (2019). The roles of sketching in supporting creative design. The Design Journal, 22(6), 895-904. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/14606925.2019.1655187.
Jeddi, L. K., Kasrayee, F., Jeddi, S. K., & Taghipour, M. (2016). The analysis of effect of colour psychology on environmental graphic in children ward at medical centres. Psychology and Behavioral Sciences, 5(2), 51-61. https://doi.org/10.11648/j.pbs.20160502.12.
Klettner, S. (2019). Why shape matters—On the inherent qualities of geometric shapes for cartographic representations. ISPRS international journal of geo-information, 8(5), 217. https://doi.org/10.3390/ijgi8050217.
Kulsum, N. U. (2018). Mind Mapping Model in Increasing Students’ Creativity and Learning Outcomes. Classroom Action Research Journal, 2(3), 127-132. https://doi.org/DOI:10.17977/um013v2i32018p127
Mirajayanti, I. (2023). Perancangan Media Flashcard Pengenalan Makanan dan Minuman Sehat Untuk Siswa TK IT Wahdah 01 Gowa. Skripsi. Desain Komunikasi Visual, Universitas Negeri Makassar. http://eprints.unm.ac.id/27312/.
Nurhasanah, E. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Flashcard Huruf Hijaiyah terhadap Hasil Belajar Iqro pada Santri The Gold Generation. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 1(2), 60-68. https://doi.org/10.54371/jiepp.v1i2.106.
Nurulhasna, Anita. (2022). Perancangan Flash Card Paribasa Sunda Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV dan V di Kota Cimahi. Skripsi. Desain Komunikasi Visual, Universitas Pasundan. http://repository.unpas.ac.id/60411/.
Pradana, P. H., & Gerhni, F. (2019). Penerapan media pembelajaran flash card untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 25-31. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.587.
Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan media video call dalam teknologi komunikasi. Jurnal ilmiah dinamika sosial, 1(2), 202-224. https://doi.org/10.38043/jids.v1i2.219.
Putri, S. S., & Kristiana, N. (2022). Perancangan Flashcard Karikatur Fisikawan Sebagai Media Pembelajaran Siswa SMP. BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual 3 (3): 30-44.
Rahman, N. H., Mayasari, A., Arifudin, O., & Ningsih, I. W. (2021). Pengaruh media flashcard dalam meningkatkan daya ingat siswa pada materi mufrodat Bahasa arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99-106. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.296.
Safitri, R. W., Primiani, C. N., & Hartini, H. (2018). Pengembangan media flashcard tematik berbasis permainan tradisional untuk kelas IV sub tema lingkungan tempat tinggalku. Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 11. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.1332.
Salim, A. K., &Hartanto, D. D. (2022). Analisis Pentingnya Creative Brief Pada Integrated Marketing Communication. Jurnal DKV Adiwarna 1 (6). https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/12288.
Supiyah, S., Fadillah, F., & Miranda, D. (2021). Pengenalan Keberagaman Budaya Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Se-Kecamatan Sungai Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(4), 2057-2064. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v10i4.46310.
Susanti, S., & Zulfiana, A. (2018). Jenis–jenis media dalam pembelajaran. Jenis–Jenis Media Dalam Pembelajaran, 1-16. http://eprints.umsida.ac.id.
Tursunmurotovich, S. S. (2020). Importance of illustrations for perception of content of the book. European Journal of Research and Reflection in Educational Sciences, 8(4), 98-101.
Wijayati, H. (2019). Panduan Analisis SWOT untuk Kesuksesan Bisnis: jangan buat strategi bisnis sebelum baca buku ini. Anak Hebat Indonesia. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1327127.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v11i3.19733
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Rachmadita Dwi Pramesti, Syifa Salsabila, Deli Silvia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.