Strategi kampanye konferensi tingkat tinggi G20 Indonesia

Rumondang Theresia Juniarta(1*), Alvanov Zpalanzani Mansoor(2), Agung Eko Budiwaspada(3)

(1) Institut Teknologi Bandung
(2) Institut Teknologi Bandung
(3) Institut Teknologi Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


Puncak acara Konferensi Tingkat Tinggi G20 yang telah dilaksanakan pada tanggal 15-16 November 2022 di Bali, Indonesia, telah memberikan banyak dampak positif dalam bidang ekonomi, kerja sama bilateral, dan perhatian dunia. Dalam Forum yang mengundang ke-20 delegasi anggota Presidensi G20 untuk membahas pemulihan krisis ekonomi dunia, Indonesia terlihat memanfaatkan kesempatan ini dengan melancarkan aksi-aksi kampanye dalam mempromosikan Indonesia dan dikatakan berhasil. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memetakan strategi kampanye Indonesia dalam KTT G20. Teori konsep yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: tipping point, dan teori strategi kampanye. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan data dikumpulkan melalui studi literatur dan observasi pengaplikasian kampanye dalam berbagai media. Hasilnya menunjukkan bahwa KTT G20 di Indonesia memuncak lantas disebabkan keberhasilan kampanye yang viral di media sosial yang didasarkan pada tiga kunci yakni the law of few, the stickiness factor, dan the power of context.


Keywords


KTT G20; tipping point; strategi kampanye

Full Text:

PDF

References


Asna (Inspirensis.id). (2022, June 30). Dalang di balik logo G20 Indonesia, perancang buka fakta. https://inspirensis.id/artikel/dalang-di-balik-logo-g20-indonesia-perancang-buka-fakta/

Ayu, I. K., & Budiwaspada, A. E. (2023). Branding identity in brochure as media branding of destination on Purwakarta tourism. ITB Graduate School Conference, 2(2), 209 - 221.

Deny, S (Liputan6.com). (2022, November 17). Headline: banjir pujian penyelenggaraan KTT G20 dan presidensi G20 Jokowi, keuntungan buat Indonesia? https://www.liputan6.com/news/read/5127550/headline-banjir-pujian-penyelenggaraan-ktt-g20-dan-presidensi-g20-jokowi-keuntungan-buat-indonesia

Fischer, O., Jeitziner, L.T. & Wulff, D.U. (2024). Affect in science communication: A data-driven analysis of TED talks on Youtube. Humanit Soc Sci Commun 11, 80.

Gutiérrez H., F., Törmä, I. (2020). Urban revitalisation with music and dance in the port of Vecracruz, Mexico. Urban Des Int 25, 328 - 337.

Herpamudji, D. H. (2015). Strategi kampanye politik Prabowo-Hatta dan perang pencitraan di media massa dalam pemilu presiden 2014. Politika, 13-24.

Indonesia.go.id. (2022, November 10). Dalang logo presidensi G20 Indonesia. Https://www.indonesia.go.id/kategori/kabar-g20/6683/dalang-logo-presidensi-g20-indonesia?lang=1

Indonesiabaik.id. (2022, June 29). G20pedia. Https://fliphtml5.com/nyzuy/sxti

Jarman, H. K., McLean, S. A., Paxton, S. J., Sibley, C. G., & Marques, M. D. (2023). Examination of the temporal sequence between social media use and well-being in a representative sample of adults. Soc Psychiatry Psychiatr Eipdemial 58, 1247 - 1258.

Kasali, R. (2017). Strawberry Generation. Jakarta Selatan: Mizan Anggota IKAPI.

Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (2022, February 20). Apa itu G20 dan manfaatnya untuk Indonesia. Https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-singkawang/baca-artikel/14747/Apa-itu-G20-dan-Manfaatnya-untuk-Indonesia.html

Khasanah, A. N., & Mansoor, A. (2020). Kajian fenomena viral meme internet chuck norris. DESKOMVIS: Jurnal Ilmiah Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa dan Media, 89-101.

Kominfo.go.id. (2022, November 4). Optimalkan komunikasi publik G20, Kominfo gandeng media internasional. Https://www.kominfo.go.id/content/detail/44733/optimalkan-komunikasi-publik-g20-kominfo-gandeng-media-internasional/0/berita_satker

Maulidika, W., & Budiwaspada, A. E. (2014). Kampanye memperbaiki citra olahraga biliar di Indonesia. Visual Communication Design, 3(1).

Mutiarasari, K (News.detik.com). (2022, November 9). KTT G20 tanggal berapa? catat jadwal dan rundown acaranya. Https://news.detik.com/berita/d-6396934/ktt-g20-tanggal-berapa-catat-jadwal-dan-rundown-acaranya

Nasional.kontan.co.id. (2022, November 4). Raih banyak kesepakatan, ekonom: bukti Indonesia berhasil sebagai presidensi G20. Https://nasional.kontan.co.id/news/raih-banyak-kesepakatan-ekonom-bukti-indonesia-berhasil-sebagai-presidensi-g20

Nugraha, F (Medcom.id). (2022, December 31). Kaleidoskop 2022: Keberhasilan KTT G20 bukti terobosan dalam diplomasi Indonesia. Https://www.medcom.id/internasional/asean/DkqAEAek-kaleidoskop-2022-keberhasilan-ktt-g20-bukti-terobosan-dalam-diplomasi-indonesia

Pratama, I. G. J., Ardani, W., & Putri, I. A. S. (2022). Pemanfaatan presidensi G20 sebagai sarana marketing dan branding ekonomi kreatif pada era pandemi Covid-19. Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen Dan Sumberdaya, 1(1), 28-33.

Putong, R. C (Wolipop.detik.com). (2022, December 11). Bangunan bambu di KTT G20 Bali banjir pujian, ini cerita arsiteknya. Https://wolipop.detik.com/home/d-6454340/bangunan-bambu-di-ktt-g20-bali-banjir-pujian-ini-cerita-arsiteknya

Putri, A. M. H (Cnbcindonesia.com). (2022, November 21). Badai PHK saat ekonomi RI cemerlang, sebenarnya ada apa? Https://www.cnbcindonesia.com/news/20221121111912-4-389786/badai-phk-saat-ekonomi-ri-cemerlang-sebenarnya-ada-apa?page=all

Richards, O., Janét, K., Eris, S., & Landrum, A. R. (2021). Engaging audiences with behind-the-scenes science media. Journal of Broadcasting & Electronic Media, 65(4), 525-548.

Salsabila, S., Najla, N., & Simanjorang, F. (2023). Peningkatan daya saing ekonomi nasional melalui keterlibatan Indonesia di KTT G20. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 2(3), 111-121.

Taylor, C. R. (2020). Advertising and Covid-19. International Journal of Advertising, 39:5, 587 - 589.

Wang, M., Yao, N., Wang, J. et al. (2024). Bilibili, TikTok, dan Youtube as sources of information on gastric cancer: Assesment and analysis of the content and quality. BMC Public Health 24, 57.

Wang, X., Chen, L., Shi, J., & Peng, T. Q. (2019). What makes cancer information viral on social media? Computers in Human Behaviour, 149 - 156.

Wicaksono, R. & T. A (Malang.times.co.id). (2022, November 17). Mengenal lebih dekat Bamboo Dome, tempat santap siang pimpinan KTT G20. Https://malang.times.co.id/news/berita/kk8mao8e92/Mengenal-Lebih-Dekat-Bamboo-Dome-Tempat-Santap-Siang-Pimpinan-KTT-G20

Zhang, H. (2018). Evoking Presence in Vlogging: A Case Study of U. K. Beauty Vlogger Zoe Sugg. First Monday, 23(1).

Zhuravskaya, E., Petrova, M., & Enikolopov, R. (2020). Political effects of the internet and social media. Annual Review of Economics, 12:1, 415 - 438.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v12i1.17450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rumondang Theresia Juniarta, Alvanov Zpalanzani Mansoor, Agung Eko Budiwaspada

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics