Panduan Dasar Konsep Perancangan Identitas Visual Kawasan Kampung Wisata Arab Panjunan Cirebon

Jafar Sodik(1*), Fajar Ciptandi(2), Ira Wirasari(3)

(1) 
(2) Universitas Telkom
(3) Universitas Telkom
(*) Corresponding Author

Abstract


Kampung Arab Panjunan merupakan kawasan di Kota Cirebon dengan mayoritas penduduk etnis Arab yang berasal dari Baghdad, Irak. Kawasan ini memiliki beberapa ciri khas salah satunya tradisi kerajinan gerabah dan pernah menjadi sentra gerabah terbesar di Cirebon. Namun, saat ini tradisi tersebut sudah tidak dapat ditemukan. Ciri khas lainnya yaitu, Masjid Merah Panjunan, makanan dan musik khas Timur Tengah. Namun, tradisi tersebut telah mengalami akulturasi. Pemerintah Daerah Kota Cirebon bersama Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memiliki rencana strategis mengembangkan Kampung Wisata Arab Panjunan, salah satunya merancang identitas visual dengan mengangkat ciri khas kawasan. Ciri khas tradisi kawasan yang hilang dan akulturasi yang terjadi menjadi permasalahan dalam merancang identitas visual. Destination branding merupakan strategi yang dapat digunakan untuk mengembangkan kawasan berdasarkan potensi yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini yaitu menentukan konsep perancangan identitas visual kawasan dengan mengangkat ciri khas kawasan menggunakan destination branding dengan batasan pada tahap Market Investigation, Analysis and Strategic Recommendations. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan metode Limas Pemandu Inovasi, Matriks Perbandingan Perwujudan Budaya, Analisis PEST dan SWOT. Hasil dari penelitian ini yaitu rekomendasi bagi pemerintah berupa panduan dasar konsep perancangan identitas visual Kampung Wisata Arab Panjunan dengan mengangkat tradisi kerajinan gerabah, Masjid Merah Panjunan, makanan dan musik khas Timur Tengah ke dalam bentuk values, strategi pengembangan dan jenis identitas visual kawasan yang layak untuk diimplementasikan.

Keywords


identitas visual; Destination Branding; kampung wisata; kampung Arab; Limas Pemandu Inovasi

Full Text:

PDF

References


Badar, S. (2021). Mengembangkan Komunikasi Dakwah Melalui Wisata Religi Jelajah Masjid Kuno di Kota Cirebon. ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 12(1), 115-130..

Ciptandi, F. (2021). Peluang Adaptasi Kriya terhadap Perkembangan Teknologi.

Hermana, H. (2012). Arsitektur Masjid Merah Panjunan Kota Cirebon. Patanjala: Journal of Historical and Cultural Research, 4(2), 332-348. https://doi.org/10.30959/patanjala.v4i2.143

Kartono, K., Siswoyo, M., & Harmono, H. (2019). Meningkatkan Daya Saing dan Inovasi Produk Melalui Penerapan Teknologi Tepat Guna Bagi UKM Gerabah Sitiwinangun, Jamblang Cirebon. In Prosiding Seminar Nasional LPPM UMP (Vol. 1, pp. 431-436).

Lestari, R. B., & Aprilia, R. (2013). Membangun Nation Branding dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Sektor Pariwisata Indonesia. Prosiding PESAT, 5.

Morgan, N., & Pritchard, A. (2007). Meeting the destination branding challenge. In Destination branding (pp. 73-92). Routledge.

Morrison, A. and Anderson, D. (2002). Destination Branding. http://www.macvb.org/intranet/Presenation/DestinationBrandingLOzarks6-10-02.ppt

Mukhtar, P. D., & Pd, M. (2013). Metode praktis penelitian deskriptif kualitatif. Jakarta: GP Press Group.

Rachmawati, R., & Sawitri, S. (2015). Implementasi Strategi Branding Usaha Batik dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Konsumen dan Loyalitas Konsumen Pada UMKM Batik Pekalongan Jawa Tengah. TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana dan Boga, 2(1).

Rangkuti, F. (2014). Analisis SWOT: teknik membedah kasus bisnis cara perhitungan bobot rating dan OCAI.

Salehudin, A. (2015). Kontekstualisasi Nilai-Nilai Luhur Warisan Leluhur di Era Global: Belajar dari Serat Tripama dan Wahyu Makhuta Rama. Religi: Jurnal Studi Agama-agama, 13(2), 221-234.

Thomas, Warbung, T., dan Setiautami, D. (2012). Perancangan Ulang Identitas Visual Phillip Securities Indonesia (Skripsi). Jakarta: BINUS University.

Utami, R. C. (2016). Kajian Nilai-Nilai Kearifan Lokal Suku Wana Dalam Pola Pengelolaan Dan Pemeliharaan Lingkungan (Doctoral dissertation, Fakultas Teknik (UNISBA)).

Widyastuti, A. T., & Widjaja, G. P. (2018). The Merah Mosque and The Asy Syafi’i Mosque Considered as Landmarks based on The Local Community’s Recognition in Cirebon’s Arab Panjunan Kampong. Riset Arsitektur (RISA), 2(01), 17-34. https://doi.org/10.26593/risa.v2i01.2930.17-34

Zulfah, S. (2018). Islamisasi Di Cirebon: Peran dan Pengaruh Walangsungsang Perspektif Naskah Carios Walangsungsang. Jurnal Tamaddun, 6(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v11i1.15967

Refbacks



Copyright (c) 2023 Jafar Sodik, Fajar Ciptandi, Ira Wirasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics