Perancangan Film Animasi 2 Dimensi Cerita Rakyat berjudul Terima Kasih Dewi Sri

Ngakan Putu Darma Yasa(1*), Anak Agung Gde Raka Wiadi Netera(2)

(1) 
(2) Institut Bisnis Dan Teknologi Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Saat ini, cerita rakyat yang disampaikan dengan cara mendongeng mulai tidak diminati. Hal tersebut disebabkan oleh rendahnya minat membaca teks yang terlalu panjang. Perkembangan teknologi yang cepat menyebabkan cerita rakyat semakin menghilang. Namun cerita rakyat tetap perlu dilestarikan dengan mengikuti perkembangan teknologi. Untuk mengembangkan cerita rakyat secara modern diperlukan media yang menarik serta mudah untuk dipahami. Tujuan dari penelitian ini adalah menyajikan cerita rakyat berbasis teknologi dalam bentuk film animasi 2 dimensi. Kelebihan yang ditampilkan dalam film terletak pada bagian penyampaian cerita menggunakan gambar bergerak serta diikuti dengan narasi monolog. Animasi memiliki tampilan yang estetik sehingga mampu menarik minat orang untuk melihat dan memahami isi cerita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, kuesioner, dan kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah berupa film animasi 2 dimensi. Film ini juga diujikan kepada remaja di Denpasar serta mendapatkan respon positif bahwa animasinya menarik, penyampaian cerita dan pesan moral mudah dipahami.

 


Keywords


Film Animasi; Teknologi; Cerita Rakyat

Full Text:

PDF

References


Anggara, I. G. A. S., Yusa, I. M. M., & Jayanegara, I. N. (2021). Implementasi Rigging pada Karakter ‘I Angsa’dalam Film Animasi 2D ‘I Empas Teken I Angsa’. Jurnal Desain, 8(3), 249-261. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/view/9366.

Binanto, I. (2010). Multimedia Digital - Dasar Teori Dan Pengembangannya. C.V Andi Offset. Yogyakarta: Andi Offset.

Endraswara, S., dkk. (2013). “Folklor Nusantara Hakikat, Bentuk, Dan Fungsi.” In . Universitas Negeri Yogyakarta. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/dr-suwardi-mhum/folklor-nusantaradamicetak.pdf.

Firdaus, M. (2018). Eksplorasi Visual Pasar Tradisional sebagai Pendukung dalam Perancangan Film Animasi Pendek “Potret”. Jurnal Desain, 5(03), 235-249. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/view/2160

Krisanti, E. (2018). Studi Karakter Ekstrovert dan Introvert sebagai Pendukung Perancangan Karakter Film Animasi Pendek. Jurnal Desain, 5(03), 174-188. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/view/2171

Lau, M. I., Dzikri, A., & Prasetyaningsih, S. (2016). Implementasi Teknik Rigging Pada Film Animasi 2 Dimensi “Gadis Sapu Lidi”. Jurnal Simetris, 7(2), 427-438. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/751.

Limbong, T. & Simarmata, J. (2020). Media Dan Multimedia Pembelajaran: Teori & Praktik. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Muhdaliha, B., & Batuaya, D. R. D. (2017). Film Animasi 2 Dimensi Cerita Rakyat Bali Berjudul I Ceker Cipak. Jurnal Bahasa Rupa, 1(1), 61-72. https://jurnal.instiki.ac.id/index.php/jurnalbahasarupa/article/view/143

Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Prakosa, G. (2010). Animasi: Pengetahuan Dasar Film Animasi Indonesia. Jakarta: Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta. https://www.goodreads.com/book/show/9186127-animasi.

Purnomo, F. A., Pratisto, E. H., Purnomo, A., Huda, A. S., Nugroho, A. S., & Mahendra, A. C. (2017). Digital Animasi 2 Dimensi Dengan Metode Cell Shadding Dan Rigging Bone Studi Kasus: Legenda Gunung Tugel. Indonesian Journal of Applied Informatics, 2(1), 33-46. https://doi.org/10.20961/ijai.v2i1.15248

Rafiqa, S. (2021). Penokohan Dalam Cerita Rakyat (Perspektif Linguistik Sistemik Fungsional). Syiah Kuala University Press & Universitas Borneo Tarakan.

Ramadhan, R., & Kurnianto, A. (2018). Eksplorasi Visual Gang Kelinci Pasar Baru Jakarta sebagai Dasar Perancangan Set Film Animasi Pendek. Jurnal Desain, 5(02), 104-115. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/view/2156.

Taro, M. (2018). Kumpi Mangku Mendongeng. Denpasar. https://repositori.kemdikbud.go.id/16356/.

Trianton, T. (2013). Film sebagai media belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v11i1.15458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ngakan Putu Darma Yasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics