Kajian Persepsi Visual pada Iklan Youtube Kitkat Minibreakvideo3 Kakatua: Mentok Pasti Berlalu

Laras Fitriyah Hikmatun Nisa(1*), Angely Gracia Dyvana Purba(2), Karren Nina Putri Humae(3)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada era industri 4.0 dimana perkembangan teknologi melaju pesat, muncul media-media promosi dengan konsep yang semakin beragam dan unik. Media promosi modern yang muncul pada era saat ini adalah iklan di Youtube. Salah satunya merupakan KITKAT #miniBREAKvideo 3 "Kakatua: Mentok Pasti Berlalu". Iklan berdurasi 2 menit tersebut dirilis pada tahun 2015 yang diproduksi oleh Nestle menggunakan konsep cerita mini bergenre humor yang selalu memiliki satu premis yang serupa pada setiap seriesnya. Secara keseluruhan #miniBREAKvideo memiliki 5 episode dan dapat disaksikan dalam kanal Youtube mereka. Iklan ini punya makna tersembunyi lewat pilihan visual yang mereka tampilkan. Maka dari itu untuk membedah iklan tersebut kami menggunakan kajian teori persepsi visual, dimana dalam hal ini akan dikupas arti dari setiap adegan dari iklan tersebut berdasarkan aspek visual antara lain: ukuran, warna, intensitas, kontras, posisi, dan gerakan. Dari analisis tersebut akan menghasilkan sebuah kesimpulan apakah pesan yang ingin disampaikan iklan tersebut kepada audiens. Tujuan artikel ini adalah menjadi sebuah referensi bagi kreator dalam membuat iklan yang sarat akan makna namun tetap menyediakan tayangan yang dapat dinikmati secara umum.

Keywords


Iklan; Promosi; Persepsi; Visual

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alhazen. 1989. The Optics Of Ibn Al-Haytham: Books I-III: On Direct Vision.University of London: Warburg University

Alizamar and Couto, Nasbahry. 2016. Psikologi Persepsi dan Desain Informasi: Yogyakarta: Media Akademika

Basu Swastha dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offset.

Danesi, Marcel. 2010. Pesan, Tanda, dan Makna: Buku Teks Besar mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra.

Durianto, Darmadi, C., & Liana. 2003. Inovasi pasar dengan iklan yang efektif.Jakarta. PT. Gramedia Pustaka.

Komariah, Aan. dkk. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Kusrianto, Adi. 2009. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi

Morrisan. 2013. Teori Komunikasi tentang Komunikator, Pesan, Percakapan, dan Hubungan (Interpersonal). Bogor: Ghalia Indonesia

Nasrullah, Rulli. 2016. Media Sosial:Perspektif Komunikasi, Budaya, dan. Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Noƫ, Alva & Thompson, Evan. 2004. Are there neural correlates of consciousness?. Journal of Consciousness Studies

Rakhmat, Jalaludin. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Tinarbuko, Sumbo. 2009. Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Ware, Colin. 2004. Information Visualization: Perception For Design. San Francisco: Morgan Kaufmann Publisher




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v10i1.13738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Laras Fitriyah Hikmatun Nisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics