Pengenalan Motif Batik Megamendung melalui Animasi 2D Karakter Genderuwo
(1) Institut Seni Indonesia Surakarta
(2) Institut Seni Indonesia Surakarta
(3) Institut Seni Indonesia Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya lunturnya nilai dan pemahaman yang dialami masyarakat Indonesia Khususnya anak anak salah satu diantaranya adalah dikarenakan banyak dari tayangan dalam hal ini tayangan animasi yang kurang sesuai dengan masyarakat indonesia yang kebanyakan justru secara tidak langsung memperkenalkan kebudayaan asing. Film animasi yang didasari dengan karakter yang memiliki nilai lokal kebudayaan dapat menjadi alternatif yang strategis sebagai media edukasi terhadap masyarakat dan anak anak terhadap kebudayaan yang dimiliki Indonesia. Dalam karya tulis ilmiah ini, penulis melakukan perancangan karakter animasi 2 dimensi “Pengenalan Motif Batik Mega Mendung Lewat Animasi 2D Karakter Genderuwo” lewat animasi 2 dimensi dianggap bisa menginformasikan penyampaian pesan dalam kemasan yang sederhana namun unik dan terkesan menarik sehingga dapat diterima banyak kalangan masyarakat luas. Dikarenakan film animasi 2 dimensi termasuk salah satu media yang dapat dinikmati semua orang dari berbagai kalangan usia. Karakter yang dibuat nantinya diharapkan dapat menyampaikan nilai-nilai kebudayaan Indonesia khususnya batik megamendung lewat karakter cerita rakyat makhluk mitos kebudayaan Jawa (Genderuwo).
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Alrazi, Camila Zahra, dan Anung Rachman. 2021. “Penerapan metode Design Thinking pada Model perancangan Animasi Periklanan Digital Pencegahan Covid-19 Pendahuluan” 14 (2): 190–202.
Anung, Rachman, dan Herryprilosadoso Basnendar. 2019. “Karakter Wayang Purwa Sebagai Perancangan Media Promosi Dan Informasi Teknologi Audiovisual Desa Wisata Wayang Kepuhsari, Manyaran, Kabupaten Wonogiri,” 1–86.
Chakimi, Nur, and M Abidin. 2022. “Perancangan Animasi 2D Edukasi Pengenalan Deforestasi Untuk Anak Usia 8-12 Tahun”. BARIK 3 (1), 220-34. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/44779.
Herawan, Didit. 2020. Design Thinking Dalam Proses Inkubasi Startup Suka-Grafis.
Duwika, Kadek, dan Kadek Wikan Paramasila. 2019. “Pengembangan Multimedia Interaktif Model Hybrid Bernuansa Karakter Bali ‘Cupak-Gerantang’ Pada Pembelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi.” Journal of Education Technology 3 (4): 301. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22501.
Febrindasari, Chyndy. 2019. “Leksikon ‘Hantu’ Dalam Bahasa Indonesia: Kajian Linguistik Antropologis.” Journal of Chemical Information and Modeling 53 (9): 1689–99.
Firmansyah, Angga, dan Mei P Kurniawan. 2013. “Pembuatan Film Animasi 2D Menggunakan Metode Frame by Frame Berjudul ‘Kancil dan Siput’ Pendahuluan Landasan Teori Analisis” 14 (04): 10–13.
Hakim, Muhamad Ardan Zia. 2019. “Corak Batik Mega Mendung Sebagai Warisan Budaya Cirebon Dalam Fashion Photography,” 70.
Hilman, Dodi, dan Tubagus Zufri. 2018. “Desain Karakter Berbasis Pada Wanda Wayang Bima.” Jurnal Desain 6 (01): 41. https://doi.org/10.30998/jurnaldesain.v6i01.2517.
Kusumowardhani, Pratiwi. 2017. “Penerapan Unsur Visual Ragam Hias Batik Mega Mendung Pada Desain Jas Hujan Glow In The Dark.” Industrial Research Workshop and National Seminar Politeknik Negeri Bandung, 325–32.
Luzar, Laura Christina. 2011. “Hasil dan Pembahasan Terminologi Warna” 2 (9): 1084–96.
Muhdaliha, Benny, dan Dewa Ray Dharmayana Batuaya. 2017. “Film Animasi 2 Dimensi Cerita Rakyat Bali Berjudul I Ceker Cipak.” Jurnal Bahasa Rupa 1 (1): 61–72. https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v1i1.143.
Nusantara, G. 2010. “Penerapan Gaya Komik Sebagai Usaha Untuk Penciptaan Teknik Film Animasi 2 Dimensi.” http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/722/.
Parmono, Kartini. 2013. “Nilai Kearifan Lokal Dalam Batik Tradisional Kawung.” Jurnal Filsafat 23 (2): 135–46.
Rahmah, Istibillah dan M Ridlwan. 2021. “Mitos Jawa dalam Kumpulan Cerita Kisah Tanah Jawa Karangan Mada Zidan dkk : Kajian Realisme Magis,” Prosiding Samasta. 430–39.
Razi, Aria Ar, Intan Rizky Mutiaz, dan Pindi Setiawan. 2018. “Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan Dan Temuan Barang Tercecer.” Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia) 3 (02): 219. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1549.
Syafira, Pricilia Clarissa. n.d. “Design Thinking.”
Trisna, NMSW, dan H N Rahma. 2021. “Analisa Unsur Visual Khas Indonesia Dalam Animasi Atlas Boy Adventures Serial Hantu Abu-Abu.” Jurnal Nawala Visual 3 (1): 53–59. https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/nawalavisual/article/view/195%0Ahttps://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/nawalavisual/article/download/195/145.
Yosuji, Murato, Kimura Hakuzan, Kitavama Seitaro, Masaoka Kenzo, Great Kanto, dan Dunia Kedua. 1945. “Yamamoto Sanae and Ofuji Noboro Merupakan Anak Murid Kepada Pada Tahun 1918 , Sebuah Anime Yang Dipanggil Momotaro ( Peach Boy ) Telah Dibuat Dengan Menggunakan Setting Lokasi Adalah Kota Jepang . Terdapat Juga Banyak Gambar-Gambar Yang Dikisahkan Mengguna.”
Zharandont, Patrycia. 2015. “Jurnal Ergonomi Patrycia Z.” Pengaruh Warna Bagi Suatu Produk Dan Psikologis Manusia 0 (1).
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v10i1.13143
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Yoga Adhitya Pratama, Anung Rachman, Anung Rachman, Rendya Adi Kurniawan, Rendya Adi Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.