Pengaruh Photogrammetry terhadap Persepsi Konsumen pada Porsi Makanan

Andreas Kurniawan(1*)

(1) Binus University
(*) Corresponding Author

Abstract


Fotografi makanan berperan penting dalam merepresentasikan suatu produk. Industri restoran mengoptimalkan teknik fotografi secara signifikan yang menghasilkan foto tampak begitu menarik. Namun demikian, masalah muncul pada foto produk kuliner yang tampil seringkali tampak tidak sesuai dengan realitas, sehingga dapat menimbulkan kesalahan persepsi dari konsumen. Penelitian ini menguji pengaruh foto produk secara normal dan dibandingkan melalui pendekatan photogrammetry terhadap porsi makanan. Penelitian dilakukan secara eksperimen dengan 10 jenis makanan yang umum dipesan dalam aplikasi online. Pendekatan metode kuantitatif melalui independent sample T-test diterapkan pada 2 kelompok sampel, dengan masing-masing berjumlah 30 orang. Hasilnya, pendekatan photogrammetry secara signifikan mempengaruhi persepsi konsumen untuk lebih mudah menebak porsi suatu makanan.


Keywords


kuliner; fotografi makanan; photogrammetry

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aji, Daru Tunggul. 2021. “Literasi Visual sebagai Pendekatan dalam Pembelajaran Fotografi.” Rekam 17 (2): 123–34. https://doi.org/10.24821/rekam.v17i2.5660.

Arsita, Adya. 2018. “Simulakra Baudrillard dalam Multidimensi Posmodernisme: Kajian Fotografi Makanan dalam Media Sosial Instagram.” REKAM: Jurnal Fotografi, Televisi, dan Animasi 13 (2): 85. https://doi.org/10.24821/rekam.v13i2.1932.

Azuma, Ronald T. 1997. “A Survey of Augmented Reality.” Presence: Teleoperators and Virtual Environments, 355–85.

B.Craig, Alan. 2013. Understanding Augmented Reality - Concepts and Applications. Elsevier Inc.

Barry, Ann Marry. 2005. “Perception Theory.” In Handbook of Visual Communication, 45. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Berger, Arthur asa. 1989. Seeing is Believing. USA: Mayfield Publishing Company.

Camelia. 2020. “7 Potret Zonk Orang Pesan Makanan via Ojol, Hasilnya Beda Jauh dengan di Foto.” Liputan 6. 2020. https://www.liputan6.com/citizen6/read/4155525/7-potret-zonk-orang-pesan-makanan-via-ojol-hasilnya-beda-jauh-dengan-di-foto.

Danciu, Victor. 2014. “Manipulative marketing: persuasion and manipulation of the consumer through advertising.” Theoretical & Applied Economics 21 (2): 19–34. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=bth&AN=95753338&site=ehost-live.

Doshi, Rushabh. 2016. “Creating an AR Mobile App for Restaurants!” Medium. 2016. https://medium.com/@rdoshi190/learnings-while-creating-an-augmented-reality-mobile-app-for-food-discovery-part-i-5cad7e3b17d7.

Faulkner, Andrew, dan Conrad Chavez. 2020. Adobe Photoshop - Classroom in a Book. California: Adobe.

Fitria, Herlinda. 2016. “Hiperrealitas Dalam Social Media (Studi Kasus: Makan Cantik Di Senopati Pada Masyarakat Perkotaan).” Informasi 45 (2): 87. https://doi.org/10.21831/informasi.v45i2.7985.

Foster, Shaun, dan David Halbstein. 2014. Integrating 3D Modeling, Photogrammetry and Design. SpringerBriefs in Computer Science. Vol. 0. New York, USA: Springer.

Glyda, Joe. 2019. Food Photography Creating Appetizing Images. New York: Routledge.

Grab dan NielsenIQ. 2021. “Grab Next - Laporan Tren F&B Indonesia 2020-2021.”

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2012. Management marketing. Agrekon. 14 ed. Vol. 11. New Jersey: Pearson. https://doi.org/10.1080/03031853.1972.9523871.

Luhmann, Thomas. 2010. “Close range photogrammetry for industrial applications.” ISPRS Journal of Photogrammetry and Remote Sensing 65 (6): 558–69. https://doi.org/10.1016/j.isprsjprs.2010.06.003.

Nugroho, Setiyo Adi, dan Yuli Fitrianto. 2016. “Pengembangan Metode Close Range Photogrammetry dalam Pembuatan Model untuk Pembelajaran Animasi Tiga Dimensi.” jurnal STEKOM semarang 2 (Sens 2): 47–55. http://prosiding.upgris.ac.id.

Rusli, Edial. 2017. “Imajinasi Ke Imajinasi Visual Fotografi.” REKAM: Jurnal Fotografi, Televisi, dan Animasi 12 (2): 91. https://doi.org/10.24821/rekam.v12i2.1426.

Solomon, Michael, Gary Bamossy, Søren Askegaard, dan Margaret K. Hogg. 2006. Consumer Behaviour. Marketing (RLE Marketing). New Jersey: Pearson. https://doi.org/10.4324/9781315759067-10.

Susanto, Azalia Indrawati, Erandaru dan Jacky Cahyadi. 2020. “Perancangan Buku Panduan Digitalisasi Artefak Bagi Benda Bersejarah Koleksi Museum Bank Indonesia Surabaya Menggunakan Teknik Close-Range Photogrammetry.” Jurnal DKV Adiwarna 1 (16): 11.

Trnio. 2022. “Capture detailed scans in the palm of your hand.” 2022. https://www.trnio.com/tutorial.

Young, Nicole S. 2012. Food Photography, From Snapshot to Great Shot. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Zuckerberg, Mark. 2021. “The metaverse will be social.” Metaverse. 2021. https://about.facebook.com/meta/.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v10i1.12949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andreas Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics